Serambi islam

Singgah di Mesir, Gubri Ziarah ke Makam Imam Syafi'i

MESIR, RIAULINK.COM  - Sebelum ke Makkah untuk melaksanakan ibadah umrah, Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar menyempatkan diri singgah di Mesir.

Selain bersilaturrahmi dengan para pelajar dan mahasiswa asal Riau di Mesir, Syamsuar menyempatkan diri berziarah ke Masjid dan Makam Imam Syafi'i.

"Bagi kita mayoritas umat Islam di Indonesia tentu sangat familiar dengan mazhab Imam Syafi'i, karena kita beribadah menggunakan mazhab Imam Syafi'i. Beliau sangat masyhur dan sangat dihormati," ungkap Syamsuar, yang berziarah ke Masjid dan Makam Imam Syafi'i pada Sabtu (17/09/2022) lalu.

Kecintaan Imam Syafi'i kepada Al-Qur'an dan Hadis sehingga menjadi salah seorang imam mazhab yang masyhur, kiranya menjadi tauladan bagi umat Islam, khususnya generasi muda Riau.

"Beliau sudah hafiz (hafal) Al-Quran sejak kecil (umur 7 tahun). Bahkan juga hafal Kitab Muwatta karangan Imam Malik. Sangat luar biasa," ungkap Syamsuar.

Sekedar info, Imam Syafi’i pindah ke Mesir sekira tahun 200 H. Beliau meninggal di tahun 204 H atau 819 M dan dimakamkan di Fusthat, Kota Lama, pada usia 54 tahun.

Lokasi makam Imam Syafi’i berada di Jalan Al Qadariyah. Jarak dari Masjid Amr bin Ash sekitar 4 km melewati jalan Al-Laitsi. Sedangkan jarak dari Masjid Al Azhar ke Masjid Asy Syafii sekitar 5 – 6 Km.

Sekarang di lokasi Makam Imam Syafi'i telah dibangun Masjid dengan nama Masjid Asy-Syafi’i. Para Penziarah harus melewati pasar dulu sebelum masuk ke areal Masjid Asy-Syafi’i.