Budaya

Meriahkan HUT RI, Desa Penjuru Gelar Pawai Karnaval Hingga Lomba Permainan Tradisional

Peserta Pawai Karnaval.

INHIL, RIAULINK.COM - Sebagai ucapan syukur untuk menyambut rangkaian HUT RI ke-77 tahun, Pemerintah Desa Penjuru Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengadakan Pawai Karnaval hingga Lomba Permainan Tradisional, Rabu (17/08/2022).

Kepala Desa Penjuru, Abdul Rahmat menyebut bahwa kali ini untuk memeriahkan HUT RI KE- 77 Panitia mengadakan perlombaan pawai karnaval dengan berbagai kostum di anataranya koatus petani, kostum Nelayan, kostum ustadz dan ustadzah, kostum guru, kostum kades, pakaian dari bumi, kontum TNI, POLRI, Dan lain-lain.

"Kegiatan ini di ikuti oleh pelajar dari  tingkat sekolah seperti TK 2 sekolah, SD 4 sekolah, SMP  3 sekolah, SMA/MA 2 sekolah dengn jumlah peserta kurang lebih 661 orang dengan rute perjalanan sepanjang Jalan ibu kota desa penjuru," Sebutnya.

Lanjutnya, Kepala Desa menyambut dengan gembira kegiatan ini karena sebagai suatu wadah tempat dasar anak anak menjadi penyemangat mengejar cita ciatanya dengan mengunakn kostum cita-cita yang di iginkannya.

"Kami selaku pemerintah desa penjuru sangat menyambut baik kegiatan ini karena kegiatan ini baru pertama kali di adakan di Desa Penjuru, dan 
Alhamdulillah kegiatan ini sangat meriah," Ungkapnya.

Sementara itu, Ketua panitia Munawir Sazali menjelaskan bahwa tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah "Gerakan Nasional Mari Membangun SDM Bangsa Lebih Maju 77 Tahun Indonesia Merdeka", kegiatan ini dilakasanakan mulai pukul 14.00 WIB hingga selesai di ikuti oleh seluruh sekolah se desa penjuru.

Tarakhir, Munawir mengucapkan Terima kasih kepada seluruh Pihak yang telah ikut membantu baik secara materi dan Dukungan pikiran yang sangat membangun untuk kemajuan Desa Penjuru.

"Semoga kekompakan ini selalu terjalin, Aamin ya rabbal Alamiin," Tutupnya.

Sebagai informasi, Perlomban yang diperuntukkan anak-anak atau pelajar dari SD sampai SMA adalah Pancing Botol, Makan Kerupuk, Kelereng Sendok, Junjung Botol, Tarik tambang, Isi air dalam botol, sementara untuk PAUD dan TK adalah menggambar dan mewarnai.