Metropolis

Pengusaha Sukses Berdarah Kuansing H Syarianto Bertekad Abdikan Diri Untuk Daerah

KUANSING, RIAULINK.COM - Tokoh masyarakat Kuantan Singingi di Pekanbaru Riau H Syarianto mengajak seluruh elemen masyarakat Kuantan Singingi, baik yang ada di perantauan, maupun yang tinggal di kampung halaman  untuk kembali menghidupkan tradisi gotong royong dan kembali menumbuhkan nilai- nilai luhur gotong royong untuk Kemajuan Kabupaten  Kuantan Singingi masa yang akan datang. 

Pria yang lahir di Banjar  Padang Kecamatan Kuantan Mudik 61 tahun silam itu, sejak semula malang melintang di dunia usaha, mulai dari usaha Perhotelan, usaha property, sampai ke usaha suplier bahan bahan kontruksi digelutinya. Berkat ketekunan dan kerja kerasnya, H Syarianto sukses di perantauan sebagai Pengusaha. Rumah gedung berlantai dua di Kota Pekanbaru layaknya rumah - rumah pengusaha sukses beehasil dibangunnya dari hasil kerja kerasnya selaku pengusaha. Sekarang pada usia menginjak kepala enam ini, dia berkomitmen untuk mengabdikan dirinya untuk kampung halamannya Kuansing khususnya dan Riau umumnya. 

Kepada Riaulink mengutarakan berbagai pandangannya tentang  mimpinya untuk kampung halamannya Kabupaten Kuantan Singingi tercinta saat ini. H Syarianto  bangga dengan hasil - hasil pembangunan daerah Kuantan Singingi, yang berkembang  pesat di berbagai sektor saat ini. Infrastruktur daerah Kuansing terbilang maju,  bila dibandingkan dengan Kabupaten lain di  Riau. Namun, disamping itu H Syarianto memiliki mimpi besar terhadap  Kuansing, yaitu menjadikan Kuansing sebagai Daerah  tujuan investasi dan Pariwisata agroindustri berbasis Pertanian, perkebunan, dan peternakan. 

"Iya, setiap kali Saya pulang Kampung ke Kuansing, Saya melihat pertumbuhan infrastruktur  cukup pesat, dikiri kanan jalan  terlihat pertumbuhannya cukup pesat,  ini membuktikan tingkat perekonomian masyarakat Kuansing semakin baik, karena Kuansing ditopang oleh sektor pertanian dan perkebunan, " Ujar H Syarianto mengutarakan pandangannya terhadap daerah kelahirannya Rabu (10/8/2022). 

Selain itu, H Sarianto mengamati  sepintas jumlah masyarakat dalam kategori miskin di Kuansing prosentasenya sudah kecil, ini menunjukkan perekonomian masyarakat Kuansing sudah membaik terutama saya lihat di pedesaan. 

"Dulu 5 tahun silam, Saya melihat dikampung - kampung itu masih banyak  rumah- rumah  penduduk tergolong miskin, rumahnya kecil dan lagi sempit, sekarang sudah jarang kita jumpai rumah penduduk seperti itu, ini membuktikan ekonomi masyarakat Kuansing sudah membaik," Ujarnya. 


Agar pertumbuhan ekonomi terus membaik, kesejahteraan terus meningkat maka, Pemerintah Daerah Kuantan Singingi Kata H Yanto mesti  membuat program yang prioritasnya untuk bidang pertanian dan perkebunan, karena di sekto itu mayoritas mayarakat Kuansing  menggantungkan harapan hidupnya. 

"Menurut Saya, Pemda Kuansing jangan sungkan - sungkan untuk menggelontorkan dana APBD Kuansing ke bidang Pertanian dan perkebunan, agar perekonomian masyarakat dapat terangkat lebih tinggi lagi. Berikan subsidi untuk bidang tersebut dengan angggaran  yang  lebih besar lagi," Ucap H Sarianto.