Metropolis

Tuntut Modal Usaha, Pedagang Pacu Jalur Kuansing Sambangi Kantor Baznas

Foto : Chaidir Arifin Ketua Baznas Kabupaten Kuantan Singingi

KUANSING, RIAULINK.COM - Kebijakan Plt. Bupati Kuansing Suhardiman Amby terkait pembebasan biaya sewah lapak pedagang UMKM dan pemberian  subsidi modal usaha untuk pedagang UMKM  pada even Pacu jalur tradisional ditepian Narosa Teluk Kuantan tahun 2022 mendapat respon positif dari masyarakat Kuansing.

Respon positif itu berasal dari ibu- ibu pedagang yang biasa mengais rezeki saat pagelaran pacu jalur tradisional di Tepian Narosa di Teluk Kuantan. Dari pantauan media  di lapangan, sehari setelah beredarnya pemberitaan terkait pemberian subsidi modal usaha untuk pedagang UMKM  yang bersumber dari  Baznas Kuantan Singingi, para ibu - ibu mulai menyerbu kantor Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kuantan Singingi yang terletak di sebelah timur  Pasar Rakyat Teluk Kuantan.

" Iya, banyak ibu - ibu pedagang datang ke kantor BAZNAS, sejak pemberitaan di media terkait pemberian subsidi modal usaha pedagang UMKM,  para ibu - ibu datang ke BAZNAS  ada yang bawah persyaratan, nanya besaran bantuan, sampai berapa kuota penerimanya," ujar salah seorang staf  BAZNAS yang minta namanya tidak di publikasikan Kamis (14/7/2022).

Disamping itu, staff BAZNAS tersebut, mengaku belum bisa memberikan keterangan lebih detail, terkait subsidi modal untuk para pedagang UMKM itu, karena itu sebaiknya langsung ditanyakan kepada  Kepala BAZNAS H Chaidir Arifin.

" Untuk lebih detailnya sebaiknya tanya langsung ke Pak Kepala BAZNAS, bukan kapasitas Saya memberikan keterangan lebih detail, bagaimana teknis dilapangan, persyaratannya, dan besarannya berapa, tunggu pulang dulu Bapak Ketua Baznas dari Pekanbaru, atau telepon beliau," ucap  staff BAZNAS kepada media Kamis (14/7/2022).

Kepada awak media Ketua .Baznas Kuantan Singingi H Chaidir Arifin melalui sambungan telepon pribadinya , Jumat (15/7/2022) mengatakan, untuk merealisasikan bantuan Subsidi modal usaha bagi pedagang UMKM, saat pacu jalur di Tepian Narosa Teluk Kuantan, akan kita realisasi melalui program tahunan BAZNAS, memang di BAZNAS ada bantuan modal usaha pedagang kecil, nah ini salah satu target BAZNAS tahun ini sesuai dengan kebijakan Pemerintah Daerah yang disampaikan Plt. Bupati Kuansing Suhardiman Amby.

" BAZNAS siap mendukung kebijakan Pemerintah Daerah Kuansing, terutama, membatu dari permodalan untuk para pedagang  kecil di Kabupaten Kuansing yang terkendala modal usaha. Hal ini tujuannya agar perekonomian masyarakat kecil dapat terdongkrak, dan dapat berkembang dengan baik," katanya.

Lebih detail terkait pemberian subsidi modal usaha ini, Ketua  Baznas akan bekerja sama dengan Disperindag Kabupaten Kuansing, terutama menyangkut penerimaan data para pedagang UMKM yang mengajukan bantuan permodalan.

" Iya, Kita tunggu data dari Disperindag Kuansing, Disperindag selaku leading sektor menyangkut pembinaan usaha kecil menengah (UMKM) sekaligus memferifkasi  data para pedagang. Selain itu data itu,  harus mengacu kepada ketentuan - ketentuan yang ditetapkan Baznas, terutama persyaratan, pedagang yang tergolong lemah atau  Mustahik, serta persyaratan lainnya," ujar Chaidir Arifin.

Menyangkut kuota pedagang yang akan menerima bantuan modal usaha ini, kata Chaidir Arifin, yakni Masyarakat Kuansing, khususnya yang berjualan disekitaran Kota Teluk Kuantan, " Kita Prioritaskan masyarakat tempatan," pungkasnya.