Metropolis

Ujicoba Ketahanan Kardus, KPU Sulbar Buang Kotak Suara ke Laut

KPU Sulbar bersama jajaran KPU kabupaten menggelar simulasi pengangkutan kotak suara berbahan kardus duplex ke Pulau Pasir Putih atau Gusung Toraja di Kabupaten Polewali Mandar (Polman). - Edyatma

RIAULINK.com - KPU Sulbar bersama jajaran KPU kabupaten menggelar simulasi pengangkutan kotak suara berbahan kardus duplex ke Pulau Pasir Putih atau Gusung Toraja di Kabupaten Polewali Mandar (Polman).

Dua unit kotak suara duplex diangkut menggunakan kapal dari dermaga Battoa Desa Tonyaman menuju Pulau Gusung Toraja di Kelurahan Amassangan Kecamatan Binuang.

Kotak suara itu diangkut menggunakan kapal selama 20 menit. Saat mendekati pulau, kotak suara itu diceburkan ke laut.

Lalu petugas KPU ikut terjun menyelamatkan kotak suara duplex. Mereka berenang dan membawa kotak suara ke dermaga. Bahkan sesekali kotak suara itu dijadikan pelampung.

Sesampainya di dermaga, Komisioner KPU Sulbar membuka kotak suara yang terbungkus plastik itu. Mereka memeriksa seluruh bagian kotak suara kardus.

Hasilnya, kotak tetap aman. Air tak merembes ke dalam kotak.

Ketua KPU Sulbar, Rustang mengatakan, simulasi itu untuk membuktikan bahwa kotak kardus ini aman. Bahkan jikapun tercebur ke laut, kotak suara tetap tidak rusak.

"Kita buktikan dengan mempersaksikan ke laut. Dibawa dalam beberapa lama, tidak ada masalah," ujar Rustang, Sabtu (22/12/2018).

Kata Rustang, kardus yang dicebur ke laut itu belum terbungkus sempurna. Saat distribusi logistik nantinya, kotak suara akan dibungkus lagi dengan plastik lebih besar.

"Jadi ini menunjukkan bahwa ini tahan dari air, yang penting tidak direndam," katanya.