Pendidikan

April 2019 Disdikbud Meranti Kembali adakan Kemah Budaya, Fauzi Hasan : DPRD Mendukung

RIAULINK.com - Pada bulan April 2019 mendatang, Dinas pendidikan dan Kebudayaan Meranti akan kembali melaksanakan Kemah Budaya di Bumi Perkemahan Rumbia Berduri Jalan Pramuka, Selatpanjang. 

"Kita sudah lakukan persiapan tinggal pelaksanaannya lagi,salah satunya memberikan informasi kepada sekolah- sekolah dari tingkat SLTA, juga Pramuka ,udah masuk anggaran 2019," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan H.Nuriman Khair melalui Kabit Kebudayaan H.Arifudin Ali SH.

Selanjutnya, H Arifudin menjelaskan salah satu Kegiatan yang kita lakuan dalam perkemahan budaya itu yakni kegiatan keseni,mengenal budaya, teknik dalam kepramuka keterampilan,tarian, syair,lagu keterampilan gasing ,penampilan yel- yel,anyaman kerajinan ,pawai budaya dan masak.

"Regu Kemah Kebudayaan Asal meranti kemaren, mewakili Provinsi Riau di Kemah Budaya Nasional di Provinsi Palu, menang penampilan dapat penghargaan terbaik Yel- yel pawai budaya,tari ,serta anyaman kerajinan," sebut H.Ariffudin.

Selanjutnya Kata Kabit Budaya, mampaat kegiatan itu, agar adik- adik tingkat sekolah menegah atas (SMA) mengerti dengan dalam melestarikan budaya, serta dapat memberikan semagat untuk budaya itu sendiri yang tidak punah oleh era zaman now.(zaman kini).

"Kegiatan kita pada bulan april 2019 mendatang Persertanya,ada 22 umpi berakti 22 Regu Se- Kabupaten Kepulauan Meranti," Jelasnya 

"Setelah di lombakan di meranti,yang menang dalam perkemahan budaya kita laksabakan,nantiknya akan di ambil untuk ikut serta di  pekanbaru kemah budaya Provinsi bahkan Nasional,"tambah H.Ariffudin.

Hal Senada juga di sampaikan, Sektaris Dinas Pendidikan H.Armansyah menyampaikan bahwa dinas pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Meranti sedang melatih siswa tentang pendidikan karakter.

"salah satunya,kegiatan kemah budaya,perlombaan puisi,perlombaan pantun,agar iman dan akhlak bisa mucul kembali,di tegah- tegah perserta didik di sekolah oleh guru kita," harap Armansyah.

"yang terpenting,kita mengajak orang tua,guru di sekolah agar dapat secara bersama dalam mendidik dengan cara pendidikan karakter akhlak yang bagus sopan satun itu harapkan dalam suatu kegiatan pendidikan," ucap Armansyah.

Hal itu di katakan Dewan Pendidikan Meranti H.Selamat Marino Spd kepada awak media dengan adanya keterampilan guru tentunya mampu menjawab tantangan untuk meningkatkan kegiatan siswa- siswi yang ada di sekolah.

" Salah satunya,kegiatan perkemahan,kegiatan yang siapatnya membagun karakter perserta didik agar kemajuan daerah kita dalam dunia pendidikan meningkat nantiknya," harap H.selamat Marino Spd.

Sementara itu Ketua DPRD  Meranti Fauzi Hasan menilai kegiatan perkemahan budaya sanggat bagus di laksanakan.

" DPRD Sipatnya mendukung kegiatan untuk mengembangkan Dunia pendidikan,tentunya peran serta semua pihak sanggat di harapkan," singkatnya.