Metropolis

Wako Dumai Tinjau Pedagang Pasar Senggol Jalani Rapid Test

Keterangan foto : tampak salah seorang pedagang Pasar Senggol mengikuti rapid test

DUMAI, RIAULINK.COM - Menindaklanjuti hasil rapat bersama Pemerintah Kota Dumai pada Kamis, 28 Mei 2020 lalu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 akan menggelar rapid diagnostic test (RDT) di enam pasar di Dumai.

Dimana sebelumnya tim Gugus Tugas Covid-19 sudah melakukan sosialisasi selama dua hari di enam pasar tersebut yakni Jumat, 29 Mei 2020 di Pasar Senggol, Kecamatan Dumai Timur dan Pasar Dock Yard, Kecamatan Dumai Barat.

Kemudian Sabtu, 30 Mei 2020 dilakukan di Pasar Pulau Payung, Sri Bunda Mersing Kecamatan Dumai Selatan, Pasar Bundaran dan Jaya Mukti, Kecamatan Dumai Timur.

Sesuai jadwal sosialisasi tersebut, Pasar Senggol sebagi lokasi pasar yang terletak di jantung kota, merupakan tempat pelaksanaan perdana yakni, Selasa (2/6/2020).

Gugus tugas menargetkan kepada 200 pedagang mengikuti rapid test yang digelar di dua titik, pertama di depan ruko Ratu Textile, Jalan Jenderal Sudirman, kedua di halaman Masjid Muhammadiyah, Jalan Sultan Syarif Kasim. 

Pada pelaksanaannya, tampak Wali Kota Dumai, Zulkifli Adnan Singkah didampingi Kapolres Dumai, AKBP Andri Ananta Yudhistira meninjau kegiatan rapid test.

"Kita berharap, rapid test ini memberikan gambaran terhadap kemungkinan penyebaran Covid-19 di kota kita ini,"sebut Wako Dumai di sela peninjauan.

Sebab di Dumai sendiri ada beberapa cluster penyeberan virus yang mendunia itu, di antaranya cluster Nakes Teladan.

"Alhamdulillah... Semuanya kondisinya sudah selesai,"ucap dia.

"Lalu cluster kepulangan santri asal Magetan. Dari puluhan yang di swab test yang dilakukan, hasilnya terdeteksi dua orang positif dan satu di antaranya sudah sehat dan diizinkan pulang,"terang dia lagi merincikan.

Menurut dia, rapid test di daerah pasar ini memang sengaja dilakukan. "Agar kalau terdeteksi ada potensi warga kita yang terkena covid-19, kita bisa melakukan tindakan antisipatif sejak dini,"tukasnya.(Kll)