Kesehatan

Keluhkan Sesak Napas, Ternyata Ada Jarum dalam Jantung Bocah

Ilustrasi operasi. (Istockphoto/gorodenkoff)

RIAULINK.COM - Dokter di China menemukan sebatang jarum dalam jantung seorang pasien. Penemuan itu berawal saat pasien tersebut memeriksakan diri karena merasa nyeri di bagian dada.

Seperti diberitakan South China Morning Post, Kamis (5/9), bocah wanita yang tidak disebutkan namanya itu pada pekan lalu memberitahu orangtua karena merasa kurang sehat.

Anak tersebut kemudian dibawa ke Rumah Sakit Anak Harbin setelah mengalami nyeri pada bagian dada.

Menurut media daring Thepaper.cn, tim dokter yang melakukan pemeriksaan awalnya menduga anak itu mengalami myocarditis, penyakit inflamasi pada otot jantung.

Namun pemeriksaan darah dan pemindaian computed tomography (CT scan) menunjukkan penyebabnya.

Mereka menemukan ada sebatang jarum sepanjang tujuh sentimeter yang menancap di dalam jantung hingga menimbulkan lubang pada organ tersebut.

Operasi pengangkatan pun dilakukan sebanyak dua kali meskipun cukup sulit karena jarum tersebut bergerak bersamaan dengan detak jantung si anak.

Anak perempuan tersebut diketahui sebagai siswa angkat beban di sekolah olahraga di Yichun. Ketika ditanya oleh tim dokter, ia sendiri tidak mengetahui bagaimana jarum itu bisa masuk ke dalam tubuhnya.

Tim dokter menyatakan tidak mungkin anak tersebut menelan jarum karena jika benar demikian maka jarum akan menetap di dalam batang tenggorokan.

Kemungkinan jarum masuk ke dalam kulit lalu menembus jantung juga sangat rendah. Kepolisian di bagian timur laut China kini menginvestigasi bagaimana hal tersebut bisa terjadi.