Lingkungan

Warga Pekanbaru Keluhkan Sampah Berserakan

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Tumpukan sampah yang bertebaran dipinggir Jalan Gotong Royong Kecamatan Payung Sekaki, Senin (5/8/2019) sore, membuat resah warga tempatan. Sebab sampah yang menimbulkan bau tak sedap juga sengaja dibiarkan oleh pemerintah daerah dan belum adanya penindakan tegas. 

Pantauan riaulink.com, dilapangan sampah-sampah ini banyak ditemukan tidak pada tempatnya. Padahal sepanjang jalan Gotong Royong ini tidak ditemukan adanya tepat pembuangan sampah (TPS). 

Neli salah seorang warga tempatan mengatakan oknum atau pelaku yang sengaja melakukan itu diduga bukan warga tempatan. Dirinya pernah memergoki orang tersebut sedang asik membuang sampah dipinggir jalan. 

"Waktu itu saya melihatnya pada malam hari. Pas warga sepi, dia langsung membuang sampah dan langsung pergi begitu saja. Sempat juga saya teriakin dan malah kabur dia," tuturnya kepada riaulink.com.

Akibat tumpukan sampah, kata Neli banyak mengundang hama penyakit berdatangan, yang sengaja dibiarkan membuat aroba tak sedap bertebaran disekitar permukiman penduduk. Jika tidak dibersihkan, berakibat fatal jadinya bagi masyarakat terlebih musim panas ini. 

"Kalau pemerintah daerah tidak cepat mencegah tumpukan sampah ini akan banyak menimbulkan masalah, belum lagi penyakit dan pemandangan. Terlebih tindakan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab membuang sampah tidak pada tempatnya," terangnya. 

Neli berharap, tindakan oknum hendaknya mendapat teguran dari pihak pemerintah daerah. Terlebih dapat memberikan efek jera bagi para pelakunya. (Emi)