Olahraga

Mekong Cup ke-16 Digelar Agustus 2019

MERANTI, RIAULINK.COM - Desa Mekong, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kepulauan Meranti, Riau, kembali akan menggelar turnamen sepakbola tahunan. Iven bergengsi untuk tingkat desa itu rencananya digelar pada bulan Agustus 2019. 

Demikian disampaikan Kepala Desa Mekong, A Rahman S, di Selatpanjang, Rabu (17/07/2019). "Agustus 2019 kita gelar turnamen sepakbola Mekong Cup ke-16," ujarnya kepada Wartawan. 

Disampaikan A Rahman, pada saat pembukaan nantinya, panitia akan mendatangkan tim dari Dumai. Tim tamu akan bermain di partai eksebisi melawan tim dari Staf Pemerintah Kabupaten Meranti. 

"Kemarin kami sudah ke Dumai (Tim Ostar, red) mereka siap memeriahkan pembukaan Mekong Cup ke-16," kata A Rahman.

Lalu, untuk pelaksanaan nantinya, panitia juga mengundang tim sepakbola dari beberapa kabupaten lainnya di Riau, seperti Bengkalis, Siak, Dumai, dan lainnya.

Sementara tim tuan rumah, A Rahman memastikan mereka tak lagi menyiapkan (tim khusus). Tahun 2019 Desa Mekong hanya menurunkan anak-anak asli tempatan untuk memperkuat tuan rumah. Tidak lagi mendatangkan pemain dari luar. 

"Biarlah kalah, kita tak lagi menyiapkan tim khusus seperti tahun-tahun kemarin. Biayanya sangat besar mendatangkan pemain dari luar," cerita A Rahman.

Ditambahkan Kades 3 periode di Desa Mekong ini lagi, ia ingin setiap Desa di Kepulauan Meranti ada tim kuat yang bisa diandalkan. Tim kuat itu bisa bertahan hingga tahun-tahun kedepannya dan melalui turnamen inilah sebagai ajang ujicoba sekaligus mengharumkan nama desa.

Turnamen sepakbola Mekong Cup di Desa Mekong sudah digelar sebanyak 15 kali berturut-turut (15 tahun, red). 

 "InsyaAllah Pembukaan Mekung Cup ini akan dibuka oleh Gubernur Riau dan sebelumnya Zulfanheri sudah bertemu dengan Gubernur terkait hal ini. Selain itu,  dia juga menghadiri Bupati Inhu Yopi Arianto serta mantan Anggota DPRD Provinsi Riau Zulfanheri yang merupakan sponsor tunggal, " tambah nya. 

Selain itu,  diakui Daman kalau Pemerintah kabupaten kepulauan Meranti mendukung penuh kegiatan kami bahkan Bupati Meranti, Wakil serta Sekda Insyaallah akan hadir dalam pembukaan Turnamen tahunan ini. 

"Untuk Club yang akan ikut ada sekitar 120 Club dan disisi lain turnamen ini juga menghasilkan bahkan meningkatkan ekonomi masyarakat yang berjualan dilokasi, " terangnya. 

Untuk diketahui, Awalnya diberi nama Purnama Cup (diambil dari nama tim sepakbola tuan rumah, Purnama). Namun, seiring pemekaran desa, iven olahraga tahunan itu berganti menjadi Mekong Cup.

"Kita bawa nama desa agar menjadi ciri khas tersendiri. Ketika orang menyebut Mekong, maka akan ingat Mekong Cup, turnamen sepakbola tahunan," cerita A Rahman.(aldo)