Nasional

Google Rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 Lewat Doodle

Foto: Google

RIAULINK.COM - Google turut merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-78 pada hari ini, Kamis (17/8/2023). Saat membuka laman pencarian, baik dari mobile maupun desktop, tampak doodle khusus bertema Hari Kemerdekaan.

Tak cuma itu, pengguna juga disambut dengan konfeti virtual dengan aksen warna merah dan putih yang melambangkan bendera kebanggaan RI.

Google Doodle kali ini merupakan karya dari seniman Jawa Barat, Diela Maharani. Dalam laman Google, dijelaskan bahwa tema doodle tahun ini mencerminkan pentingnya kolaborasi.

Tampak komunitas warga RI berkumpul bersama sambil memainkan permainan tradisional menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-78.

Saat doodle dipencet, Google langsung menampilkan ringkasan 'Hari Kemerdekaan Republik Indonesia'. Tahun ini, perayaannya sudah memasuki kali ke-78 sejak pertama kali merdeka pada 1945 silam.

Seperti HUT Kemerdekaan RI sebelumnya, pemerintah menyeragamkan tema dan tagline kemerdekaan. Tahu ini, tagline kemerdekaan tetap 'Terus Melaju untuk Indonesia Maju'.

Hari Kemerdekaan RI merupakan libur nasional alias tanggal merah. Biasanya, warga merayakannya dengan berbagai lomba seperti makan kerupuk, balap karung, balap kelereng, hingga panjat pinang.

Ini juga merupakan kali pertama perayaan Hari Kemerdekaan RI bisa digelar penuh secara fisik, bukan virtual. Sebab, pemerintah menyatakan pandemi Covid-19 sudah berakhir.