Internasional

Belanda Kembalikan Perhiasan hingga Ukiran Candi Milik Indonesia

Ilustrasi. Belanda mengembalikan sejumlah benda yang mereka dapatkan selama masa penjajahan di RI. Mulai dari perhiasan hingga ukiran candi. (aleksandra85foto/Pixabay)

RIAULINK.COM - Pemerintah Belanda mengembalikan sejumlah artefak budaya, mulai dari perhiasan hingga ukiran candi abad ke-13, yang sebelumnya diambil di masa kolonialisme kepada Indonesia. Benda-benda bersejarah itu secara resmi diserahkan kepada pemerintah Indonesia pada Senin (10/7) dalam sebuah upacara di Museum Volkenkunde di Leiden.

Dikutip dari AP, Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Hilmar Farid menyatakan pengembalian benda-benda itu merupakan momen bersejarah bagi kedua negara.

Menurut Farid, pengembalian benda-benda ini sekaligus mengisi narasi-narasi sejarah yang selama ini hilang. Ia ingin benda-benda bersejarah ini dapat kembali terintegrasi dengan konteks dan budaya asal masing-masing.

"Tentu saja ini penting secara simbolis bagi kami," katanya.

Adapun pengumuman pengembalian benda-benda bersejarah Indonesia ini berbarengan dengan artefak Sri Lanka yang juga diambil Belanda di masa penjajahan.

Pengembalian ke Indonesia dan Sri Lanka merupakan yang pertama setelah Komite Belanda yang dibentuk pada 2022 meninjau permintaan sejumlah negara untuk mengembalikan artefak mereka ke museum negara asal. Saat ini, komite tengah mempertimbangkan lebih banyak permintaan restitusi dari Indonesia, Sri Lanka, dan Nigeria.

Gunay Uslu, Sekretaris Negara Belanda Bidang Budaya dan Media, menyebut pengembalian artefak ini merupakan "peristiwa bersejarah dan penting" bagi Belanda dan negara-negara bekas jajahan.