Internasional

Masjid di Nigeria Ambruk, Tujuh Jemaah Tewas

Ilustrasi. Masjid di Lagos, Nigeria. (AFP/PIUS UTOMI EKPEI)

RIAULINK.COM - Masjid di Kota Zaria, Nigeria, ambruk mengakibatkan tujuh orang jemaah yang tengah beribadah tewas pada Jumat (11/8) waktu setempat.

Sedikitnya 25 jemaah lainnya mengalami luka-luka akibat masjid yang ambruk.

Dewan Kota Zaria Abdullahi Kwarbai mengatakan masjid ambruk saat pelaksanaan salat ashar pukul 16.00 waktu setempat di masjid tersebut.

"Enam jenazah ditemukan, tiga jenazah lainnya ditemukan kemudian setelah tim penyelamat melakukan pencarian," kata Abdullahi seperti dikutip dari Reuters.

Salah satu korban selamat, Mallam Shehu Nagari, mengatakan masjid tiba-tiba ambruk saat ia tengah melakukan sujud rakaat kedua salat asar.

Ia mengatakan para jemaah terkubur reruntuhan masjid yang dibangun dari lumpur 150 tahun lalu tersebut seperti dikutip dari Punch News.

Pemimpin Distrik Zazzau, Mallam Ahmed Nunu Bamalli, mengatakan ia sempat melihat retakan di tembok masjid.

"Kami sudah mendapati retakan di tembok masjid kemarin (Kamis) dan berencana mengirim tim teknisi sipil sebelum kecelakaan ini terjadi," ujar Mallam Ahmed.

Reuters melaporkan, kecelakaan gedung ambruk kerap terjadi di Nigeria.

Regulasi yang buruk tentang standar pembangunan gedung serta bahan-bahan yang tidak layak menjadi penyebab gedung-gedung kerap ambruk di negara itu.