Olahraga

5 Fakta di Balik Suksesnya Real Madrid Juarai Copa Del Rey 2022/2023

RIAULINK.COM - Real Madrid meraih gelar Copa del Rey 2022/2023 dengan mengalahkan Osasuna 2-1 pada partai final yang digelar di La Cartuja, Minggu (7/5/2023) dini hari WIB. Kemenangan Los Blancos ditentukan oleh gol-gol Rodrygo yang mampu mencetak dua gol ke gawang Osasuna. 

Sementara itu Osasuna sempat menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak oleh Lucas Torro. Ini menjadi gelar ke-20 Real Madrid di ajang Copa del Rey setelah sebelumnya mereka meraih gelar terakhir pada tahun 2014. Bagi yang telah memprediksi kemenangan Real Madrid saat main di bk8 pasti juga sedang bersuka cita.

Di balik kesuksesan Real Madrid, terdapat beberapa fakta menarik yang membuat Los Blancos berhasil menjuarai turnamen piala tertua di Spanyol ini. Berikut ini adalah lima fakta di balik suksesnya Real Madrid juarai Copa del Rey 2022/2023.

Kiprah Ancelotti

Carlo Ancelotti berhasil membawa Real Madrid meraih gelar juara Copa del Rey 2022/2023. Kemenangan ini menjadi istimewa karena Ancelotti juga menjadi pelatih saat Los Blancos terakhir kali meraih trofi Copa del Rey pada 2014. 

Prestasi ini juga menjadikan Ancelotti sebagai pelatih pertama sejak Luis Molowny pada 1974 dan 1982 yang sukses mempersembahkan dua trofi Copa del Rey bagi Real Madrid. 

Dua gol kemenangan dari Rodrygo

Rodrygo sukses menjadi bintang dalam kemenangan Real Madrid di final Copa del Rey. Dua gol yang berhasil dicetak olehnya menjadikannya sebagai pahlawan kemenangan Los Blancos. Rodrygo tampil sangat efektif dalam laga tersebut, meskipun hanya melepas dua tembakan di sepanjang pertandingan, keduanya mampu menghasilkan gol. 

Dengan pencapaian ini, Rodrygo menjadi pemain Real Madrid pertama yang berhasil mencetak dua gol dalam final Copa del Rey sejak Juan Gomez dan Juanito pada tahun 1980.

Pencapaian trofi ke-25 bagi Karim Benzema

Karim Benzema menambah koleksi trofinya di Real Madrid setelah membantu timnya meraih gelar Copa del Rey 2022/2023. Pemain asal Prancis itu telah mengumpulkan 25 trofi selama memperkuat Los Blancos sejak bergabung pada tahun 2009. 

Prestasi ini menyamai pencapaian Marcelo sebagai pemain dengan trofi terbanyak di Real Madrid. Namun, dengan usia yang masih terbilang muda dan ketajaman yang masih terjaga, Benzema berpotensi untuk memecahkan rekor Marcelo di masa depan.

Kembali juara setelah 9 tahun

Selain meraih gelar ke-20 di ajang Copa del Rey, kemenangan Real Madrid di periode 2022/2023 ini juga menjadi yang pertama bagi Real Madrid dalam sembilan tahun terakhir sejak musim 2013/2014 silam. 

Pada waktu itu, Los Blancos berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Barcelona dengan skor 2-1 di final. Gol solo sensasional Gareth Bale menjadi penentu kemenangan bagi Madrid. Namun, sejak itu, Real Madrid tidak pernah berhasil melaju ke final, apalagi meraih gelar juara. Akhirnya, rasa dahaga akan gelar Copa del Rey berhasil diakhiri oleh Real Madrid.

Hanya dua pemain tersisa sejak kemenangan 2014

Sejak kemenangan Real Madrid di edisi Copa del Rey 2013/2014, banyak perubahan terjadi pada skuad Los Blancos. Banyak pemain kunci pada saat itu yang telah meninggalkan klub. Namun, pada edisi Copa del Rey tahun ini, hanya ada dua pemain di skuad Madrid yang turut merasakan kembali gelar juara tersebut, yaitu Karim Benzema dan Luka Modric. Kedua pemain tersebut telah menjadi andalan klub dalam beberapa musim terakhir, dan telah menunjukkan loyalitas yang tinggi terhadap Real Madrid.