Olahraga

Indonesia Resmi Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Ilustrasi trofi Piala Dunia U-20 (istimewa)

RIAULINK.COM - FIFA secara resmi menghapus atau mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Pernyataan itu disampaikan langsung otoritas tertinggi sepak bola dunia itu lewat situs resmi mereka, fifa.com.

Menyusul pertemuan antara Presiden FIFA, Gianni Infantino, dan Presiden PSSI, Erick Thohir, FIFA telah memutuskan untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Keputusan itu buntut keadaan kisruh, penolakan timnas Israel U-20, yang merebak belakangan ini.

Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah. Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya.

FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan tersebut, pihaknya tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat, apalagi dengan dukungan pemerintahan Presiden Widodo dalam proses transformasi sepak bola Indonesia pascatragedi yang terjadi pada Oktober 2022.

Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang dibutuhkan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Thohir.

Pertemuan baru antara Presiden FIFA dan Presiden PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat.