Hukrim

Gelar Wawasan Kebangsaan, Lapas Bengkalis gandeng Danramil

BENGKALIS, RIAULINK.COM - Warga Binaan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bengkalis menggelar kegiatan olahraga bersama dan menggelar kegiatan wawasan kebangsaan guna meningkatkan rasa cinta tanah air. Kegiatan yang dilaksanakan bertempat dihalaman Lapas dan dihadiri langsung oleh Danramil 01 Bengkalis sebagai narasumber.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan kelas ll A Bengkalis Muhammad Lukman Saat dikonfirmasi membenarkan kegiatan tersebut, Selasa 14/02/2023.

"Benar pagi ini kita melaksanakan kegiatan senam bersama dengan Kodim 0303 Bengkalis dan juga melaksanakan kegiatan wawasan kebangsaan. Kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas dalam menunjang keamanan dan kondusifitas Lapas Bengkalis, juga menjadi bagian pembinaan fisik mental wawasan kebangsaan dan cinta tanah air tetap terpatri dalam jiwa warga binaan pemasyarakatan" terang Kalapas Bengkalis Muhammad Lukman tersebut.

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Danramil 01 Bengkalis, Distrik Militer 0303 Kapt. Cpl. Farimus Hendrico bersama Bati Komunikasi Sosial (Komsos) Pelda Rudianto melaksanakan senam dan juga memberikan wawasan kebangsaan bagi para narapidana yang ada didalam lapas.

Dalalam kesempatannya Kapten Farimus menggemakan semangat kepada seluruh warga binaan untuk menjalani kehidupan lebih baik kedepannya dan menjadi lebih berguna bagi orang ramai 

"Jadilah manusia-manusia yang berguna bagi sesama, baik di tengah keluarga maupun di lingkungan masyarakat. Masalalu kelam jangan diulangi, anggaplah masa-masa didalam Lapas ini menjadi ajang introspeksi diri untuk memacu diri lebih baik kedepannya", terang Kapten Farimis Hendrico didepan warga binaan lapas Bengkalis.

Ia juga menambahkan bahwa anggap saja Bapak-bapak dan saudara sekalian sedang menggali ilmu tentang arti kehidupan yang baik disini, jadi nantinya, masing-masing dari kita bisa berbuat lebih baik bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, daerah, bangsa bahkan negara. Hilangkan stigma negatif dengan berbuat kebaikan dan kebajikan, niscaya kita bisa lebih baik.

"Antar sesama warga binaan, kita harus bisa saling toleransi, bekerja sama dalam inovasi yang baik serta mencegah provokasi demi kehidupan yang lebih baik,” ungkap Kapten Farimus wakili Dandim 0303 Bengkalis, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto suluhkan wawasan kebangsaan (Wasbang).

Setelah menerima selsai acara penyampaian wawasan kebangsaan, seluruh warga binaan diajak untuk senam kesehatan jasmani (SKJ 88) yang dipimpin instruktur langsung dari Koramil 01 Bengkalis. Senam tersebut ditaja sebagai wujud pembinaan teritorial TNI AD di lingkungan masyarakat, termasuk menyasar lingkungan warga binaan.

Kegiatan yang ditujukan guna membina kekompakan antar sesama warga binaan di Lapas Kelas II A Bengkalis agarvmenjadi lebih baik.

“Dengan adanya penyuluhan wawasan kebangsaan dan diakhiri dengan SKJ 88, waktu para warga binaan jauh lebih produktif. “Ketika waktu luang diisi dengan kegiatan bermanfaat dan produktif, maka potensi keributan antar sesama warga binaan bisa kita redam. Justru, cara kita ini jauh lebih efektif diterapkan, karena manfaatnya sangat baik dalam menciptakan harmonisasi di antara mereka,” ujarnya.

Semoga bermanfaat. Semoga warga binaan lebih sehat, baik jasmani, rohani maupun intelektual kebangsaannya. Sebagai prajurit, kami senang bisa berbaur dengan seluruh warga binaan di tempat ini guna menebar energi positif dan menyehatkan,” tukasnya.