Hukrim

Wakapolres Bengkalis Pimpin Gelar Pasukan Operasi Lancang Kuning 2023

BENGKALIS, RIAULINK.COM - Kapolres Bengkalis AKBP. Setyo Bimo Anggoro diwakili Wakapolres Kompol. Anindhita Rizal secara resmi membuka Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2023 dilapangan Polsek Mandau. Kegiatan dilaksanakan pada pukul 08.00 wib, Selasa (07/02/2023).

Dalam Oprasi Lancang Kuning yang melibatkan sekitar 90 personel gabungan dari unsur TNI/Polri, Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkalis, BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran, Jasa Raharja, Pemerintah Kabupaten Bengkalis. 

Dalam arahannya Kompol Anindita Rizal menyampaikan bahwa operasi ini ditujukan untuk mengajak dan menyadarkan masyarakat agar lebih tertib dan menjaga keselamat saat berlalu lintas.

“Kita mengajak seluruh masyarakat sebagai pengguna jalan untuk berkendara lebih aman, tertib dan selamat. Utamakan teguran humanis bilamana terdapat pelanggaran lalu lintas. Kita punya sasaran prioritas operasi sebagaimana juga diamanatkan pimpinan untuk dilaksanakan di tengah masyarakat dalam hal berlalu lintas,” terang Wakapolres Bengkalis Kompol Anindhita Rizal.

Adapun sasaran prioritas Oprasi Lancang Kuning kali ini yang perlu diketahui oleh masyarakat dan akan dilaksanakan sepanjang operasi yang dimulai sejak hari ini Selasa (07/02/2023) sampai dengan 20 Februari mendatang :

Kendaraan berknalpot brong, TNKB tidak ada atau tidak sesuai aturan, Kendaraan tidak standar pabrik, Kendaraan pribadi menggunakan rotator, Tidak menggunakan helm SNI, Tidak menggunakan Safety Belt, Melawan arus, Berboncengan lebih dari 1 orang (Pemotor), Berkendara melebihi kecepatan, Pengendara di bawah umur, Menggunakan Hp saat berkendara, dan Pengendara di bawah pengaruh Alkohol dan atau Obat-obatan.

“Keselamatan berlalu lintas jadi prioritas pertama dan utama. Mari kita wujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas di Negeri Junjungan. Kita semua harus bertugas dengan baik dan ramah, jangan sampai terlibat dalam aksi negatif yang mencoreng nama baik operasi dan institusi. Tonjolkan sikap humani sebagai pengayom masyarakat. Bersama kita pasti bisa wujudkan Bengkalis bebas pelanggaran lalu lintas, bahkan bebas kecelakaan lalu lintas melalui program kebaikan operasi keselamatan lancang kuning ini,” tukasnya.

Turut hadir dalam acara operasi, Komandan Kodim (Dandim) 0303 Bengkalis Letkol. Inf. Endik YH turut hadir didampingi Danramil 03, Toharuddin Staf Ahli Bupati Bengkalis bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Kasubbagbin Kejari Bengkalis, Camat Pinggir Zama Rico Dakanahay, Danramil 03 Mandau Kapt. Arh. Jemirianto, Kasi Trantib Mandau M. Vicky dan berbagai pihak terkait lainnya.

Selaku komandan upacar dalam kegiatan tersebut Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro yang diwakili oleh Wakapolres Bengkalis Kompol Anindita Rizal, dan sebagai perwira upacara Kasatlantas AKP Kaliman Siregar.