Olahraga

Tour de Siak Riau 2022 di Awali Dengan Fun Bike Bertabur Hadiah

SIAK, RIAULINK.COM - Event balap sepeda bertaraf internasional, Tour de Siak tahun 2022 telah dimulai. Pemerintah Kabupaten Siak bersama masyarakat memulainya dengan melaksanakan 'Fun Bike' mengelilingi kota istana.

Rombongan Fun bike itu tampak dilepas oleh Bupati Siak Drs Alfedri M,Si yang di dampingi oleh Kapolres Siak AKBP Ronald Sumaja SIK, pimpinan Kodim 0322/ Siak, pimpinan Kejaksaan Negeri Siak, serta pimpinan OPD sekretariat daerah Kabupaten Siak, Kamis 1 Desember 2022 pagi.

"Fun Bike ini sebagai pembuka rangkaian acara Tour de Siak tahun 2022, tujuannya membuka ruang partisipasi bagi masyarakat dalam memeriahkan kegiatan ini. Tidak hanya para peserta Tour de Siak saja yang akan mendapatkan hadiah, masyarakat Siak juga akan mendapatkan hadiah," kata Bupati Siak usai melaksanakan fun bike bersama masyarakat di depan Istana Siak.

Seribuan peserta yang terdiri dari pegawai pemerintahan dan juga masyarakat itu tampak bergembira riang mengayuh pedal sepeda masing-masing usai dilepas oleh Bupati Alfedri di garis Start etape I (Pertama) tour de Siak 2022 yang berada tepat di depan Istana Siak.

Tak hanya dari kota Siak, peserta Fun bike juga terlihat dari berbagai daerah kabupaten kota lainnya, seperti Pekanbaru, Bengkalis dan Pelalawan.

Adapun rute yang dilalui para peserta Fun Bike itu dimulai dari garis Start depan Istana Siak menuju ke Jalan Sultan Ismail, Jalan Hang Tuah, Jalan Panglima Ghimbam, Jalan Samping Islamic Center, menuju ke Jalan Asrama Haji, Bundaran LAM, Jalan Raja Kecik, Jalan Soetomo, dan Finis kembali ke depan Istana Siak.

Usai melaksanakan fun bike, para peserta berbondong-bondong menuju lapangan Siak Bermadah. Disana terlihat puluhan hadiah menanti untuk diundi dan diberikan kepada masyarakat.

"Kita berharap, dengan tour de Siak ini, kita dapat mempromosikan berbagai tempat wisata dan juga budaya yang ada di Siak dan Riau di mata dunia, tentunya dengan harapan dapat mendongkrak angka kunjungan wisatawan ke Provinsi Riau," harapnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Alfedri juga menghimbau kepada masyarakat Siak, bahwa nanti malam akan ada pembukaan acara Tour de Siak, dengan menghadirkan orkes Melayu Lebah Begantong dan Grub Band Nasional Republik.

"Mari kita ramaikan malam grand opening ceremony tour de Siak 2022 yang akan dimeriahkan oleh artis nasional, orkes Melayu Lebah Begantong dan Grub Band Republik. Semoga tour de Siak 2022 ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Siak dan sekitarnya," pungkasnya.

Hadiah utama berupa satu unit sepeda motor listrik merk Gesits tampak diperoleh peserta dengan nomor undian 0908 bernama Rizwan. Selain itu sepeda dna puluhan hadiah lainnya juga tampak diperoleh oleh peserta Fun bike 2022.

Selain itu, satu persatu pebalap beserta team yang berlomba dalam iven Tour de Siak tahun 2022 ini juga tampak di perkenalkan oleh panitia. Yakni, Go For Gold team dengan 5 rider, yaitu Ronel Walda, Perez Dominic perez, Jonel carcueva, Aidan James Maindoza, dan Rustom Lim.

Kemudian, tim kedua Singapore Cycling Federation team dengan 5 ridernya, yakni Boon kiyak Yeo, calvin teck huang Sim, Riyadh hakim Lukman, Arfan Faisal dan Hoon Fung Tong.

Lalu tim ketiga, Sapura Cycling Team, dengan 5 ridernya, yakni Akmal Hakim Zakaria, Muhsin Aredha Misbah, Muhammad Saiful Adi Moh D Shukri, Muhammad Zawawi Asman, Muhammad Nur Aiman Rosli.

Tim ke-empat ada Pontianak Wijaya Racing Team (PWR), dengan 5 rider terbaiknya, yakni Iqbal Fanani, Mohammad Ifan, Andi, Zulkarnaen Januar Alki, Bentar Sari.

Tim kelima ada Kelapa Gading Bikers, dengan 5 Ridernya, yakni Dealton Nur Arif Prayogo, Terry Yudha Kusuma, Kevin Dani Maulana, Qorismayu Irwandi Sertra, Daniel Purwanto, 

Kemudian tim keenam, Nusantara Pro Cycling Team, 5 ridernya, yakni Adb Gani, Muh Imam Arifin, Odie Purnomo Setiawan, Muhammad Ridwan, Muhammad Herlangga. 

Tim Ketujuh, Terengganu Polygon Cycling Team, dengan 5 ridernya, yakni Mohd Zamri Saleh, Mohd Harrif Saleh, Muhammad Afiq Zusnie Othman, Choon Huat Goh, Jamal Hibatullah.

Tim ke-delapan, Roojai Cycling Team, dengan 5 ridernya, yakni Agung Ali Sahbana, Ilham Sultansyah Hefnar, Ilham Zikri Ramadhan, Kenny Robert dan Tri Muladi. 

Tim ke-sembilan, ASC Monster dengan 4 (empat) orang  pebalapnya, yakni Akhmad Fahreza Syahid Abdillah, Muhammad Nurahmat, Syarif Hidayatullah, dan Julian Abimanyu.

Tim ke-sepuluh, Drj Cycling Team, dengan 5 orang pebalapnya, yakni Jamaliddin, Novardianto, Rachmad Noka Wibisono, Angga Dwi Wahyu Prahesta, Banley octavian nugroho, 

Tim kesebelas, Liberta Cycling Team, dengan 5 orang pebalapnya, yakni Chendy Septian, Teten Ruhendi, Muhammad Raihan Maulidan, Febrian Muh Rizky, dan Chenda Ramdhani.

Tim keduabelas, Anak Brunei Cycling Team (ABCT), 5 orang pebalapnya yakni Mohd Radzi Tamat, Reduan yusop, Hohd Syafq Danial Muhammad Salim, HS Abu Bakar PD HJ Wahab, dan Mohd Syahmi Darwisy Muhammad Salim. 

Dan Tim ke-tigabelas, BSP Siak Riau, 5 orang pebalapnya yakni Adhitya Alung Nugraha, Fery Ardiansyah, Pangga Sarwani, Mohammad Fikri Aska, dan Prasetyo Nur Firdaus.

Dari informasi yang diperoleh awak media, para peserta Tour de Siak Riau tahun 2022 ini akan melaksanakan technical meeting bersama PB ISSI, Dinas Pariwisata Riau dan Panitia.