Olahraga

Lepas Peserta Tour De Muara Takus, Gubri: Ini Warming Up Balapan Tour De Siak

Tour De Muar Takus 2022.

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar bersama Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Riau melepas peserta Tour De Muara Takus 2022, dari halaman Mapolda Riau, Sabtu (12/11/2022).

Pembukaan Tour De Muara Takus ini berlangsung meriah, yang diikuti 350, bahkan ada peserta dari Malaysia.

Sebelum melepas seluruh peserta, Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal berkesempatan memberikan kata sambutannya. 

Dia mengatakan, Tour De Muara Takus 2022 ini merupakan momen untuk memperkenalkan semua aspek yang ada di Provinsi Riau, agar semua orang paham dengan Riau.

Tour De Muara Takus ini, sebut Kapolda bukan hanya wisata dan aspek ekonomi, tapi kita kenalkan dari semua aspsk agar semua orang paham dengan provinsi Riau.

"InsyaAllah Riau akan maju tanpa terbendung sampai kapanpun," kata Kapolda.

Selanjutnya, Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, apa yang dikatakan Kapolda dapat menjadi panduan kita.

Gubri menjelaskan, bahwa Tour De Muara Takus ini merupakan Warming Up untuk balapan sepeda Tour De Siak yang akan digelar kedepannnya.

"Ini fun race. Tour de Muara Takus ini merupakan warming up balap sepeda yang akan dilakukan di Tour De Siak," sebut Gubri.

Proses pelepasan peserta dilakukan Gubri bersama Forkopimda Provinsi Riau, dengan bersama-sama melakukan pengangkatan bendera. Terlihat salah satu peserta tampak Penjabat (Pj) Bupati Kampar Kamsol.

Setelah bendera start tanda dimulai diangkat, suasana semakin semarak dengan ledakan confetti.

Sebelum ikut berangkat, Kamsol bersyukur kegiatan berjalan sukses dan lancar dan berharap semoga lancar sampai finish.

“Alhamdulilah sukses dan lancar. Semoga lancar sampai ke finish,” kata Kamsol.

Agenda ini sendiri mendapat sambutan hangat masyarakat, yang antusias mengabadikan moment saat pesepeda melintas. Sesuai misi khusus untuk meningkatkan minat pariwisata dan perekonimian di Riau.

Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Riau Syahrial Basri mengatakan event ini merupakan kategori nasional dan internasional.

“Totalnya ada 350 peserta yang berasal dari 20 provinsi di Indonesia dan ada juga dari negara tetangga Malaysia berjumlah sembilan peserta,” kata Syahrial.

Untuk saat ini, sebut Syahrial ada dua event balap sepeda berskala internasional yakni Tour De Siak mewakili wilayah pesisir Sungai Siak dan Muara Takus di posisi daratan Kabupaten Kampar.

“Siak Tour De Siak berbeda dengan Tour De Muara Takus termasuk pada mategori hobi dan fun,” jelas Syahrial.

Artinya, lanjut Syahrial, Tour Muara Takus ini lebih fokus kepada peningkatan pariwisata dan ekonomi. Terutama peningkatan UMKM lokal.

Bagi peserta, mereka akan dimanjakan pemandangan wisata Kota Pekanbaru dan Kampar, di sepanjang rute dari Mapolda Riau hingga Candi Muara Takus. 

Kemudian, di setiap Pit Stop yang dilalui akan ada UMKM lokal yang penyediaan makanan khas Kampar seperti pelito daun, gelopuong, sate ayam kampung, soto, bubur kacang hijau dan lopek.

“Semoga kegiatan ini mendatangkan berkah dan income kepada UMKM. Juga bisa membantu pemulihan ekonomi masyarakat Riau,” tutupnya.