Peristiwa

Jatuh dari Pohon, BBKSDA Evakuasi Owa di Kuansing

KUANSING, RIAULINK.COM - Satwa Owa berhasil dievakusi oleh petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau di Desa Sungai Keranji, Kecamatan Singingi, Kuantan Singingi.

Evakuasi satwa Owa tersebut, setelah petugas BBKSDA Riau menerima laporan dari masyarakat yang telah menemukan Owa terjatuh dari pohon karet.

"Keterangan dari warga bernama Desri, berawal dari bunyi jatuh dari pohon karet, ketika didekati ditemukan dua bayi Owa Ungko, sampai saat ini hanya Owa betina yang bersamanya menghuni pohon di belakang rumahnya," kata Plh Kepala BBKSDA Riau, Hartono, Senin (27/12/2021).

Ia menjelaskan, Desri baru mengetahui bahwa satwa tersebut dilindungi dan dia berinisiatif untuk menyerahkan ke BBKSDA Riau.

"Satwa dalam keadaan sehat dan tidak ada ditemukan cacat atau luka di tubuhnya, umur satwa diperkirakan 14 tahun," cakapnya.

Selanjutnya, Tim KSDA Riau memindahkan satwa dilindungi tersebut ke kandang transit BBKSDA Riau untuk diobservasi.

"Tim menginbau kepda masyrakat untuk tidak memelihari satwa yang dilindungi dan selalu berkomunikasi dengan Balai Besar KSDA Riau jika menemukan satwa dilindungi," pungkasnya.