Peristiwa

Solar Langka, Pengendara di Rohul Rela Bermalam di SPBU

ROHUL, RIAULINK.COM - Kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis solar kian meresahkan warga di Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Warga sampai harus mengantre panjang di SPBU. Bahkan ada yang rela bermalam di SPBU hanya untuk dapat membeli Solar.

Seperti di SPBU Pasir Putih, antrian panjang masih terjadi hingga Kamis (14/10/2021) malam. Tak tanggung-tanggung, antrean kendaraan mencapai 1 KM dan terus memanjang selama SPBU Masih melayani pembelian solar.

Banyak pedagang disekitar SPBU yang mulai komplain karena antrean kendaraan yang di dominasi truk dan mobil pengangkut orang dan barang menutupi akses masuk ke toko mereka.

Terbatasnya Pasokan solar juga nyaris memicu gesekan sesama pengendara yang berebut mengisi bahan bakar kendaraan mereka Lebih dulu. Beruntung, gesekan tersebut dapat diredam petugas kepolisan yang turun ke SPBU.

Menurut pengelola SPBU Pasir Pengaraian, Sony, pasokan solar ke Pertamina di SPBU Pasir Putih 8 ton per hari.

Hingga SPBU tutup Pukul 23.00 WIB, Stok solar masih tersedia sekitar 4.000 liter. Namun, karena terbatasnya karyawan di SPBU tersebut dan sudah mulai terjadi gesekan kecil antar pengendara, kepolisian menyarankan SPBU ini tutup guna mengurai antrean.

"Biasanya kami tutup jam 22.30. Kalau tetap buka diperkirakan solar ini habis pukul 3 pagi. Namun, karena karyawan kami butuh istirahat dan sudah mulai ada gesekan, maka kepolisian menganjurkan kami tutup pukul 23.00 Wib untuk mengurai antrean. Tapi masih ada kendaraan yang tetap bertahan di SPBU Meskipun sudah kami sarankan kembali besok pukul 6 pagi," cakap Sony.