Parlemen

Ketua DPRD Inhu Diganti, Dewan Gelar Sidang Paripurna

INHU, RIAULINK.COM - Pasca mundurnya Samsudin, sebagai Ketua DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, DPP (Dewan Pimpinan Pusat) Partai Golkar tetapkan Elda Suhanura, sebagai pengganti.

Dan saat ini, proses pergantian antar waktu dan penetapan pengganti sisa masa jabatan Ketua DPRD Inhu periode 2019 - 2024 itu, telah diparipurnakan DPRD Inhu, Selasa (7/9/2021).

Rapat paripurna tersebut, dipimpin Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Inhu, Masyrullah dan didampingi Wakil Ketua II DPRD Inhu, Suwardi Ritonga. 

Rapat Paripurna tersebut langsung dihadiri, Samsudin selalu Ketua DPRD yang lama, dan Elda Suhanura selaku pengganti antar waktu Ketua DPRD Inhu. Tampak juga hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Inhu H Junaidi Rachmat, Forkompinda, dan Sekdakab Inhu H Hendrizal.

Prosesi rapat paripurna diawali dengan pembacaan surat keputusan DPD Partai Golkar Kabupaten Inhu. "Setelah rapat paripurna ini, akan ada surat keputusan DPRD Inhu untuk disampaikan kepada Gubernur Riau melalui Bupati," ujar Masyrullah usai paripurna menjawab wartawan.

Setelah ada SK Gubernur Riau, baru dilanjutkan dengan penjadwalan pelantikan. Dimana untuk pelantikan Ketua DPRD Inhu, akan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Rengat, singkatnya.

Sementara itu, Wabup Inhu Junaidi Rachmat ketika diminta tanggapannya mengatakan bahwa, pada prinsipnya eksekutif menghormati pergantian Ketua DPRD melalui kebijakan partai terkait.

"Kami menghormati sikap dewan terutama dari partai terkait. Atas nama pemerintah, kami mendukung dan mengucapkan selamat kepada Ketua DPRD Inhu yang baru," ujar Junaidi.

Dengan adanya pergantian Ketua DPRD Inhu ini, hendaknya hubungan harmonis antar eksekutif dan legislatif, bisa berjalan sebagai mana yang diharapkan, sehingga kepentingan untuk masyarakatdapat tercapai, singkat Junaidi. (Jefri)