Internasional

Ingris Bersiap Hengkang dari Uni Eropa Tanpa Kesepakatan

PM Ingris

RIAULINK.com - Pemerintah Inggris saat ini tengah meningkatkan persiapan diri untuk kemungkinan hengkang dari Uni Eropa tanpa kesepakatan.

Hal ini dilakukan di tengah kritik yang meluas terhadap kesepakatan Brexit Perdana Menteri Inggris, Theresa May.

Dalam sebuah rapat kabinet pada hari Selasa (18/12), para menteri di kabinet pemerintahan Inggris menyetujui dana senilai 2 miliar poundsterling untuk departemen pemerintah untuk membantu mereka mempersiapkan diri bagi Inggris meninggalkan blok 28 anggota tersebut tanpa kesepakatan resmi mengenai syarat-syarat penarikannya.

Selain itu, mereka juga setuju bahwa semua departemen juga harus bergerak untuk sepenuhnya menerapkan rencana darurat tanpa kesepakatan darurat. 

Langkah lanjutan yang diambil oleh pemerintah Inggris adalah mengirim ribuan surat ke pelaku bisnis di Inggris untuk menasihati mereka bagaimana mempersiapkan skenario seperti itu.

"Kabinet setuju bahwa dengan lebih dari tiga bulan sampai kami keluar dari Uni Eropa, kami sekarang telah mencapai titik di mana kami perlu meningkatkan persiapan (tanpa kesepakatan) ini. Ini berarti kami sekarang akan menggerakkan elemen yang tersisa dari kami rencana tidak ada kesepakatan," kata juru bicara untuk May, seperti dimuat Al Jazeera.

Inggris diketahui dijadwalkan untuk meninggalkan Uni Eropa pada 29 Maret tahun depan. Langkah ini diambil setelah hampir tiga tahun pasca referendum Brexit, Juni 2016 lalu.