Parlemen

Terkait Vidio yang Dinilai Tidak Etis, Komisi II DPRD Inhu akan Panggil Dua Camat Ini

Wakil Ketua Komisi II DPRD Inhu, Martimbang Simbolon.

INHU, RIAULINK.COM - Vidio ungkapan Camat Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau yang viral di media sosial terkait sindiran keras terhadap Ketua Komisi II DPRD Inhu, Dodi Irawan, dinilai tidak etis.

Alih-alih mendapat dukungan, vidio perkaraan Umar S.Sos itu, malah menuai kritikan pedas dari berbagai kalangan. Bahkan, boleh dikatakan tidak ada netizen yang memberi dukungan terhadap dirinya.

"Melihat vidio itu, tentu kita dapat menilai kualitas diri dan wawasan yang dimiliki camat tersebut," kata Wakil Ketua Komisi II DPRD Inhu, Martimbang Simbolon, Minggu (10/5/2020).

Sebagai seorang kepala wilayah, harusnya dia berterimakasih karena daerahnya mendapatkan perhatian khusus dari banyak pihak, termasuk Ketua Komisi II DPRD Inhu, bukan malah sebaliknya. 

"Terkait vidio puisi yang diunggah Ketua Komisi II DPRD Inhu tentang kerusakan ruas jalan Dwi Marta, itu bukan lah sebuah kejahatan, seperti yang diucapkan camat dalam vidio tandingannya, melainkan ungkapan hati dan permohonan kepada pengambil kebijakan," tutur Simbolon.

"Apa lagi vidio puisi itu, ditujukan lansung kepada Tuan Presiden Joko Widodo (Jokowi)," tambahnya. 

Dengan begitu, lanjut Politisi Partai Perindo itu, kerusakan jalan yang merupakan akses penghubung antar Kecamatan Peranap dengan Batang Peranap tersebut, bisa menjadi perhatian pemerintah, baik tingkat daerah hingga pusat.

Terlebih sambungnya, sepanjang tahun 2019 lalu, ruas jalan tersebut sudah beberapa kali putus akibat diterjang banjir yang berdampak pada aktifitas warga di dua kecamatan itu.

Atas vidio yang dinilai memprovokas itu, politikus asal Kecamatan Batang Gangsal tersebut dengan tegas menyatakan akan memanggil secara dinas, Camat Peranap dan Camat Batang Peranap tersebut.

"Kita akan panggil kedua camat tersebut untuk hearing di Kantor DPRD Inhu. Dan telah kita jadwalkan hari, Selasa (12/5/2020). Apa maksud mereka menggelar rapat seperti yang terekam dalam vidio itu. Terlebih rapat tersebut dihadiri para kepala desa, lurah dan tokoh masyarakat dua kecamatan itu," tutup Simbolon.

Sebagai mana diketahui, melihat kondisi ruas jalan Dwi Marta yang rusak parah, beberapa waktu lalu, Dodi Irawan yang merupakan wakil rakyat Dapil Inhu III, membuat vidio sembari membaca puisi.

Puisi yang merupakan ungkapan hati rakyat yang berjudul kong x kong itu, ditujukan kepada Presiden RI. Vidio itu viral dan lansung menuai respon dari Gubernur Riau, H Syamsuar.(Jefri)