Riau

Pemprov Riau Targetkan RPJMD 2019-2024 Capai 75 Persen dari Target Sustainable Development Goals

Rahmad Rahim kepala bappeda riau

RIAULINK.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menargetkan program kerja pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024 bisa mencapai 75 persen, dari target Sustainable Development Goals (SDGs).

Demikian disampaikan Kepala Bappenda Riau, Rahmad Rahim kepada awak media  usia menghadiri forum komunikasi daerah, sebagai upaya kerjasama multi pihak dalam pencapaian Tahapan Persiapan Bersama (TPB) atau SDGs, Kamis (6/12/2018) di Hotel Premiere Pekanbaru.

Namun mantan Kepala Dinas Perhubungan Riau ini mengatakan berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan pihaknya terhadap RPJMD 2014-2019, hanya 12 persen program kerja yang sesuai dengan target SDGs.

"Makanya kami lakukan evaluasi untuk penyusunan RPJMD 2019-2024 ini Riau menargetkan 75 persen program Pemerintah Provinsi Riau bisa mencapai tujuan SDGs, sebelum target penuh 100 persen pada 2030 mendatang," ujarnya.

Rahmad mengatakan, untuk mencapai target 75 persen dari tujuan pembangunan berkelanjutan, perlu upaya bersama dari lintas sektoral yaitu pemerintah, organisasi kemasyarakatan, pelaku usaha, filantropi, media dan akademisi.

"Untuk mendukung realisasi dari rencana program itu, kita juga meminta kepada pemerintah pusat khususnya dari Bappenas, Kantor Staf Presiden, dan yang terkait lainnya agar menyiapkan regulasi pendukung," harapnya.

Regulasi yang dimaksud Rahmad Rahim misalnya pelibatan aktif dari perusahaan swasta, dan filantropi dalam mendukung tercapainya target dari tujuan pembangunan berkelanjutan yang terangkum dalam 17 poin tujuan dengan 169 capaian yang terukur sesuai aturan.

"Kami harapkan dan minta kepada pemerintah, dari KSP misalnya untuk siapkan regulasi karena untuk mencapai hal ini perlu dukungan dari semua pihak," cakapnya.