Riau

Keuangan Daerah Merosot, Pemda Pelalawan Rombak RPJMD 2016-2021

RIAULINK.com - Pemerintah Kabupaten Pelalawan bakal merombak Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021. Perombakan arah pembangunan kabupaten Pelalawan ini ditandai dengan digelar konsultasi publik yang melibatkan berbagai komponen masyarakat Pelalawan, Selasa (27/11/2018).

Bupati Pelalawan HM Harris menegaskan, hal yang menjadi pertimbangan Perombakan RPJMD tersebut meliputi berbagai faktor. 

Faktor pertama adalah masalah keuangan. Dimana beberapa tahun terakhir APBD Pelalawan terus menurun dan menukik. Faktor ini, imbuh Harris, paling dominan untuk mengubah RPJMD kabupaten Pelalawan.

Faktor selanjutnya, masalah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan kabupaten Pelalawan. Dimana OPD pada Pemda Pelalawan beberapa tahun terakhir mengalami perubahan.

"Misalnya, kehutanan ditarik ke provinsi. Begitu juga sektor penerimaan pajak juga ada yang ditarik ke provinsi. Mau tidak mau berpengaruh kepada RPJMD," tegasnya.

Meski saat ini sedang melakukan perubahan RPJMD, tegas Harris, namun terhadap kebijakan yang telah ada tetap dipertahankan terutama menyangkut tujuh program strategis.