Kesehatan

Sekda Datang, Bayi Usus di Luar dari Meranti Segera Jalani Operasi Kedua

MERANTI, RIAULINK.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Meranti Yulian Norwis SE MM mendatangi rumah kediaman bayi usus di luar, Rabu, (26/6/2019). 

Dalam kunjungannya, Sekda didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan Meranti Asrul Meldi, Kasubag TU RSUD Dorak Selatpanjang Mifta, Ketua Koni Kabupaten Meranti Asnan Mahadar, Wakil ketua 1 Pemuda Pancasila Sugianto, Boby Iskandar Ketua SAPMA PP Meranti, Ketua Relawan Meranti Diman dan beberapa dokter serta bidan juga ikut hadir di kediaman Rosidah (33) dan Andik Suprastio (35) Jalan Nusa Indah, Gang Cili RT 005 RW 004 Kelurahan Selatpanjang Selatan, Kecamatan Tebingtinggi. 

"Langkah pertama sudah kita lakukan Ibunda dari Andra melahirkan dengan normal di RSUD Dorak Selatpanjang dan dilakukan rujukan ke Pekanbaru untuk dilakukan Operasi pertama dan alhamdulillah berjalan dengan baik,"kata Sekda.

"Kita selalu sigap terkait hal ini,  namun pihak keluarga perlu juga memberitahukan hal ini kepada RT, RW maupun Pukesmas terdekat agar pemerintah mengetahui akan hal tersebut," ungkap Yulian Norwis. 

"Saya meminta ke depanya kepada Dinas terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan mencari tahu akan hal seperti ini, kita tidak mau masyarakat beranggapan pemerintah tidak peduli," harapnya. 

Di tempat yang sama, Sekretaris Dinas Kesehatan Meranti Asrul Meldi akan menindaklanjuti saran yang diberikan Sekda. Selain itu, pihaknya akan selalu berupaya dan berkoordinasi dengan pihak Pukesmas maupun RSUD Dorak Selatpanjang. 

"Mereka menggunakan BPJS dari Pemda dalam melakukan pengobatan untuk anaknya, namun yang menjadi kendala biaya selama mereka berada di Pekanbaru," ungkapnya. 

Menindaklanjuti hal tersebut, Mifta selaku Kasubag TU RSUD Dorak Selatpanjang menyampaikan akan secepat mungkin melakukan rujukan dari RSUD Dorak Selatpanjang ke provinsi. 

"Untuk tempat tinggal sesuai arahan dari Pak Sekda keluarga bisa tinggal di Mess Pemda, " ungkapnya. 

Ibunda Andra, berharap operasi kedua ini lancar. "Sebenarnya anak saya untuk melanjutkan operasi kedua ini pada umur 6 bulan, mengingat kondisi keuangan kami menipis terpaksa kami tunda," ujarnya.(aldo)