Kesehatan

Pengguna Kacamata Harus Rutin Periksa Kesehatan Mata

RIAULINK.COM - Sama seperti gigi, mata ternyata juga harus diperiksa secara rutin. Apalagi bagi penderita rabun jauh atau dekat yang sudah menggunakan kacamata sebagai alat bantu melihat.

Lalu, seberapa rutin para pengguna kacamata harus memeriksakan kondisi mata?

Chairman PT Optik Tunggal Sempurna, Alexander Kurniawan menyarankan agar mata anak hingga usia 17 tahun diperiksa setiap minimal 6 bulan sekali. Sementara orang dewasa disarankan memeriksa mata setiap minimal satu tahun sekali.

"Karena kalau masih anak-anak penambahan refraksi mata cenderung lebih cepat. Kalau dewasa minimal setahun sekali," kata Alex ketika ditemui di Mal Taman Anggrek beberapa waktu lalu.

Tak sedikit orang yang enggan mengganti kacamatanya dan terus menggunakan kacamata lama. Hal ini tak dianjurkan karena pengelihatan akan semakin tidak jelas karena ukuran plus atau minus yang mungkin berubah.

Alex menyayangkan masih banyak masyarakat yang memilih tidak memeriksakan mata dan tetap menggunakan kacamata lama, hanya karena takut untuk tahu kondisi terbaru matanya.

Padahal, masyarakat bisa memeriksakan mata secara gratis di optik manapun. Kacamata sebetulnya juga masuk ke dalam tanggungan BPJS Kesehatan.

Alex menyarankan masyarakat yang merasa pengelihatan matanya sudah tidak nyaman untuk segera memeriksakan mata ke optik yang sudah tersertifikasi dan menggunakan kacamata jika memang diperlukan.

"Datang saja ke optik yang benar dan minta diperiksakan mata. Sama seperti (periksa) gigi ke dokter, mata juga harus rutin," tuturnya.

Di samping itu, ternyata ada pula waktu paling optimal untuk memeriksakan mata. Disarankan pemeriksaan mata dilakukan ketika mata tidak dalam kondisi lelah karena bisa memengaruhi hasilnya.

"Misal, periksa mata sore setelah kerja, mata kita kan capek saat kerja lihat komputer, dan sebagainya. Lebih baik jangan periksa," kata Alex.

Pemeriksaan mata disarankan dilakukan di pagi atau siang hari. Daripada memaksakan pemeriksaan di hari kerja, bisa pula memilih melakukan memeriksakan mata di akhir pekan.

"Kalau hari Sabtu-Minggu, misalnya sedang enggak ngapa-ngapain, periksa sore pun tidak apa-apa," tambahnya.