Riau

Lewati Jalan Berlumpur, Polsek Rupat Kunjungi Pulau Terluar Demi Sampaikan Pesan Pemilu Damai

BENGKALIS, RIAULINK.COM - Akses jalan yang sulit ditempuh, harus dilalui Polsek Rupat untuk  menyampaikan pesan Pemilu 2024 ke warga Desa Darul Aman, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Kapolsek Rupat Iptu Siswoyo mengatakan, untuk sampai ke lokasi harus menggunakan sepeda motor, karena kondisi jalan yang berlumpur. 

"Jalan yang kami lalui jalan tanah. Kalau musim panas memang bisa sampai cepat, tapi banyak debu. Tapi, kali ini musim hujan jalannya berlumpur dalam dan berair. Jadi memakan waktu sekitar dua jam perjalanan," kata Siswanto, Sabtu (30/12/2023).

Untuk sampai ke lokasi agar menyampaikan pesan Pemilu, Siswanto beserta anggotanya sempat terpuruk di jalan rusak.

"Dibeberapa titik kedalaman lumpur mencapai 40 sentimeter. Sepeda motor kami beberapa kali terpuruk, jadi terpaksa didorong ganti-gantian," ujarnya.

Hal itu merupakan resiko yang harus ditempuh, demi menyampaikan pesan Pemilu ke daerah pulau terluar.

Siswoyo dan anggotanya mengumpulkan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, perangkat desa serta sejumlah warga.

Siswoyo menyampaikan pesan-pesan pemilu dan melaksanakan cooling system, sesuai arahan dari Kapolres Bengkalis, AKBP Setyo Bimo Anggoro.

Saat ini, kata Siswoyo, telah memasuki masa kampanye pemilu. 

Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban, agar pesta demokrasi dapat berjalan dengan aman dan damai.

"Dalam masa-masa kampanye ini, seringkali kita temukan adanya isu-isu atau berita hoaks, provokasi dan berbagai hal yang dapat mengganggu kamtibmas, yang akhirnya dapat menimbulkan keributan dan perpecahan di tengah masyarakat," kata Siswoyo.

"Jadi, peran serta seluruh elemen masyarakat diharapkan untuk dapat membantu menyejukkan situasi bila sewaktu-waktu ada gejolak terkait perkembangan situasi politik," sambungnya.

Selain itu, ia juga mengajak masyarakat jangan sampai terpecah belah hanya karena berbeda pilihan.

Siswoyo menambahkan, pihaknya bersinergi dengan seluruh stakeholder dalam mengawasi tahapan-tahapan pemilu, baik dengan Panwaslu maupun perangkat desa di Kecamatan Rupat.

"Jadi, untuk menjaga stabilitas kemanan selama tahapan pemilu, kami melaksanakan cooling system ke seluruh wilayah yang ada di Kecamatan Rupat," kata Siswoyo.

Pada kesempatan itu, salah satu tokoh masyarakat Desa Darul Aman, Atin, menyambut positif pesan-pesan pemilu yang disampaikan oleh Polsek Rupat.

"Kami selaku tokoh masyarakat, tentu mengharapkan agar pemilu berjalan dengan aman nantinya. Jangan ada perpecahan diantara masyarakat apabila ada perbedaan pilihan," kata Atin.

Atin juga menyampaikan keluh kesah masyarakat tentang pembangunan di daerah tempat tinggalnya. Salah satu soal jalan yang rusak parah.

"Jalan merupakan urat nadi perekonomian kami di sini. Tapi, jalannya rusak parah, tentu roda perekonomian kami jadi lambat. Jadi, siapapun pemimpin yang terpilih nantinya, agar dapat memperhatikan pembangunan di daerah kami," kata Atin.