Riau

Menggema dari Balik Tembok, Ratusan Warga Binaan Penghuni Rutan Rengat Ikrarkan Sumpah Pemuda

RENGAT, RIAULINK.COM - Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 yang digelar Rutan (Rumah Tahanan Negara) Kelas II B Rengat, Kanwil Kemenkum HAM Riau Tahun 2023, berlangsung khidmat, Sabtu (28/10/2023).

Ada yang menarik dalam pelaksanaan upacara peringatan hari sumpah pemuda kali ini. Tidak hanya pejabat dan pegawai, ratusan warga binaan, serta pengurus darma wanita Rutan Rengat juga dilibatkan dalam pelaksanaan upacara. Ikrar Sumpah Pemuda kembali menggema di lingkungan Rutan Rengat.

Pada pelaksanaannya, Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Rengat, Julius Barus, bertindak sebagai inspektur upacara, Kasubsi Pelayanan Tahanan Fery Kustian perwira upacara, dan Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Wan Rezwanda sebagai komandan upacara.

Adapun tema yang diusung dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini yaitu, Bersama Majukan Indonesia. Dalam amanatnya, Kepala Rutan Rengat membacakan amanat tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga RI.

"Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 mengusung tema "Bersama Majukan Indonesia" dengan logo HSP yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi, dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia," ujar Julius Barus saat membacakan amanat Menpora.

Setiap pemuda, perlu menyamakan visi dan misi dalam menatap dan memajukan Indonesia dimasa yang akan datang. Strategi paling ampuh dalam mewujudkan semua itu, tentu dengan menanamkan sifat tolong menolong, gotong royong, dan kolaborasi dalam diri masing-masing.

Saat ini lanjut Julius Barus, dirinya merasa sangat prihatin atas mulai lunturnya rasa nasionalisme yang tertanam dalam diri generasi muda Indonesia saat ini.

"Saya sangat prihatin atas hal itu. Dengan demikian, melalui momentum peringatan Sumpah Pemuda hari ini, mari kita tanam dan pupuk kembali rasa nasionalisme dan cinta tanah air dalam diri kita masing-masing," tegas Julius Barus. (*)