Lifestyle

14 Rumah Termahal di Dunia, Orang Indonesia ada yang Punya?

Petugas kepolisian berjaga dekat bunga yang ditempatkan di Istana Buckingham, setelah kematian Ratu Elizabeth, di London, Inggris, 9 September 2022. REUTERS/Henry Nicholls

RIAULINK.COM - Ketika membayangkan tempat tinggal impian, mungkin muncul gambaran rumah-rumah mahal nan mewah dalam benak Anda. Nyatanya, rumah termahal di dunia dimiliki oleh sejumlah tokoh dunia yang memiliki kekayaan hampir “tanpa batas” dengan bantuan arsitek ternama. Mereka bisa mendapatkan rumah mewah yang dipenuhi dengan berbagai fitur kustom sesuai selera.

Perabotan atau dekorasi yang luar biasa di rumah bernilai ratusan juta dolar dapat mencakup teknologi paling mutakhir. Sebuah rumah terbesar di dunia bahkan dilengkapi 240 kamar tidur dan 535 ruangan lainnya.

Ada salah satu rumah termahal yang berbentuk sebuah istana vertikal, dirancang tahan gempa, serta lengkap dengan perkebunan luas dan pemandangan menakjubkan. Rumah orang kaya benar-benar seakan tidak mengenal batas.

Lantas, rumah mana saja yang termasuk paling mahal di dunia? Simak daftar rumah termahal berikut ini, mulai dari milik raja hingga pengusaha bisnis terkemuka.

1. Istana Buckingham (London, Inggris)

Nilai jual tempat tinggal keluarga Kerajaan Inggris ini ditaksir mencapai US$ 4,9 miliar dolar, menjadikannya rumah termahal sekaligus terbesar nomor satu di dunia. Istana Buckingham setidaknya 240 kamar tidur, 188 untuk staf dan 52 untuk anggota kerajaan atau tamu. Sementara itu, ada pula 19 kabin, 92 kantor, 78 kamar mandi, serta beberapa ruangan lain dengan total mencapai 775 ruangan.

Kolam renang dan ruang operasi dokter bahkan melengkapi properti monarki yang saat ini dimiliki oleh Raja Charles III. Memiliki luas 77.000 meter persegi, Istana Buckingham juga terbuka untuk tur publik berpemandu.

2. Antilia (Mumbai, India)

Kediaman pribadi termahal di dunia dimiliki oleh Mukesh Ambani, orang terkaya se-India. Nama “Antilia” sendiri diambil dari sebuah pulau mistis di Atlantik. Bangunan seluas 4.000 meter persegi ini terletak di lokasi paling bergengsi dengan 27 tingkat lantai. Karena sangat tinggi, Antilia telah dirancang tahan gempa.

Rumah dengan nilai sekitar $2 miliar ini memiliki kuil besar, sejumlah suite tamu mewah, tiga helipad, spa, aula, hingga bioskop pribadi yang dapat dinikmati setiap orang. Antilia bahkan memiliki ruangan pendingin yang mampu menghasilkan salju jika suhu di India terlalu panas.

3. Villa Leopolda (French Riviera, Prancis)

Setelah India; rumah termahal di Eropa ada di Prancis. Mewah dan bergaya, Villa Leopolda pertama kali dimiliki oleh Raja Leopold II dari Belgia. Properti megah ini kemudian melewati tangan-tangan pemilik elit. Pemilik Villa Leopolda saat ini adalah Lily Safra alias “The Gilded Lily”, istri seorang bankir asal Lebanon-Brasil Edward Safra yang telah meninggal dunia pada 1999. Rumah dengan luas 7.400 meter persegi ini memiliki nilai sekitar $750 juta.

4. Villa Les Cèdres (Saint-Jean-Cap-Ferrat, Prancis)

Berdiri pada 1830-an, Villa Les Cèdres seluas 1.600 meter dibangun di atas tanah 35 hektar. Tempat tinggal ini juga pernah dimiliki oleh Raja Leopold II. Villa Les Cèdres kemudian diakuisisi oleh Campari Group asal Italia dan dijual ke miliarder Ukraina, Rinat Akhmetov, pada 2019.

Rumah mewah Eropa tersebut punya kolam renang ukuran olimpiade, aula yang menakjubkan, dan kandang kuda berkapasitas 30 ekor. Di bagian luar, ada lebih dari 15.000 tanaman dan 20 rumah kaca dengan bunga tropis dari seluruh dunia. Villa Les Cèdres diperkirakan bernilai seharga $450 juta.

5. Les Palais Bulles (Cannes, Prancis)

Properti mewah di Théoule-Sur-Mer dekat Cannes ini berbentuk seperti gelembung besar berwarna terakota. Les Palais Bulles dirancang oleh arsitek Hongaria, Antti Lovag, dan menampilkan sepuluh suite yang didekorasi oleh beberapa seniman kontemporer.

Hunian senilai $420 juta itu terakhir dimiliki oleh perancang busana Prancis, Pierre Cardin, yang mengakuisisi bangunan bersejarah tersebut pada 1992 sebagai rumah liburan mewah dan lokasi berbagai acara mode. Sejak kematian Cardin pada 2020, seluruh bagian dari Les Palais Bulles tersedia untuk disewa secara terbatas.

6. Odeon Tower Penthouse (Monako)

Odeon Tower Penthouse mungkin tidak memiliki taman mewah, tetapi menawarkan pemandangan Monako yang spektakuler. Dikenal sebagai flat termahal di dunia, hunian itu berada di puncak gedung pencakar langit setinggi 170 meter. Menghadap ke perairan indah Laut Mediterania, Odeon Tower Penthouse dilengkapi kolam renang 360 derajat.

Mencakup ruangan seluas 3.500 meter persegi yang tersebar di lima tingkat, Odeon Tower Penthouse bernilai sekitar $330 juta. Pemiliknya tidak diketahui alias anonim.

7. Four Fairfield Pond (New York, AS)

Rumah bergaya Renaisans Italia yang luar biasa dari miliarder Ira Rennert, Four Fairfield Pond, membawa kemewahan ke tingkat berikutnya. Salah satu rumah termahal dan terbesar di AS itu seakan dirancang untuk siapa saja yang mudah bosan berkat lahan luas dan fasilitas yang tak ada habisnya.

Terdapat 21 kamar tidur, 18 kamar mandi, akses ke tiga kolam renang, lapangan basket pribadi, arena bowling, hingga teater dengan 164 kursi. Properti tepi pantai seluas 63 hektar ini juga memiliki 12 cerobong asap, bioskop pribadi, ruang makan sepanjang 28 meter, ruang biliar, 2 lapangan tenis, serta pembangkit listrik milik sendiri. Garasi di Four Fairfield Pond bahkan muat hingga 100 mobil.

8. 18–19 Kensington Gardens (London, Inggris)

Sebagai salah satu jalan paling elit di Inggris, Kensington Gardens dikenal penuh dengan properti jutawan. Namun, rumah nomor 18–19 jauh lebih mewah nan mahal. Kerap disebut “Nour Palace”, mansion neo-Georgia tersebut dibeli pada 1990-an seharga US$ 5 juta.

Restorasi bertahun-tahun dan investasi US$ 90 juta mengubah Nour Palace dari rumah setengah terlantar menjadi properti bernilai US$ 222 juta saat ini dan dimiliki oleh Lakshmi Mittal. Terdapat kamar yang menakjubkan dengan pesona tradisional serta taman terawat di sekitar properti untuk dinikmati pada musim semi. Ada pula salon tata rambut, kolam renang dalam ruangan, spa, sauna dan mandi uap, serta lahan parkir yang muat hingga 20 mobil.

9. Ellison Estate (California, AS)

Ellison Estate adalah salah satu properti milik miliarder Larry Ellison yang paling mengesankan. Terletak di tepi laut Woodside, hunian bergaya Jepang ini mendapat banyak perhatian tanpa akhir. Ellison Estate berbentuk kumpulan rumah di dalam satu properti raksasa, lengkap dengan rumah teh, pemandian, hingga pemandangan danau buatan. Secara keseluruhan, nilainya mencapai $200 juta.

10. Palazzo di Amore (California, AS)

Palazzo di Amore yang berbasis di Beverly Hills benar-benar tampak mahal. Terletak di lingkungan bergengsi dengan pemandangan spektakuler Los Angeles dan ngarai sekitarnya, properti bergaya Mediterania tersebut mulai dibangun pada 2014 dan dianggap sebagai kompleks perumahan termahal saat itu.

Properti ini kemudian direnovasi total oleh pemiliknya, Jeff Greene, hingga nilainya berlipat ganda menjadi sekitar $195 juta. Palazzo di Amore menawarkan pusat hiburan seluas 1.400 meter persegi yang mencakup arena bowling, bioskop pribadi, diskotek, serta kebun anggur di lereng bukit.

11. Gemini (Florida, AS)

Ini adalah rumah termahal di Florida yang dibeli pendiri Oracle, Larry Ellison, pada 2000-an. Gemini memiliki akses ke pantai dan laut berkat lokasinya yang unik. Properti seluas 15,65 hektar tersebut memiliki panjang 365 meter di sepanjang Atlantik dan hampir 400 meter bagian depan yang menghadap ke Lake Worth Lagoon. Gemini menawarkan total ruangan sekitar 7.900 meter persegi (luar dan dalam) dengan 33 kamar tidur, 34 kamar mandi, dan 13 kamar rias. Nilainya saat ini berada di kisaran US$ 173 juta.

12. Seven The Pinnacle (Montana, AS)

Properti indah ini terletak di lereng Montana, sebuah rumah mewah yang menyerukan nuansa bersalju di sore hari. Seven The Pinnacle dapat ditemukan di Yellowstone Club dengan pemandangan pohon-pohon tinggi. Terdapat komunitas golf dan ski pribadi terbesar di sana.

Bagian interior dari hunian milik Tim Blixseth tersebut bahkan lebih mengesankan daripada eksteriornya. Ada 123 ruangan yang dilengkapi fasilitas pijat, olahraga, kolam renang, dan perapian. Seven The Pinnacle mencakup area seluas 5.300 meter persegi secara keseluruhan dengan nilai mencapai US$ 155 juta.

13. The One (California, AS)

The One terdaftar dengan harga lelang US$ 295 juta pada Januari 2022, menjadikannya rumah termahal untuk dijual di AS pada saat itu. Namun Maret 2022, properti tersebut akhirnya terjual seharga US$ 141 juta kepada Richard Saghian, CEO Fashion Nova. Hunian mewah seluas 9.700 meter persegi ini disebut sebagai tempat tinggal pribadi terbesar di Amerika. Ada 21 kamar tidur, 42 kamar mandi, serta banyak fasilitas eksklusif lain seperti klub malam, arena bowling, gudang minuman anggur, spa dan salon kesehatan, pusat kebugaran, ruang teater, hingga jacuzzi.

14. Xanadu 2.0 (Washington, AS)

Rumah mewah keluarga Bill Gates yang menghadap ke Danau Washington ini butuh waktu tujuh tahun untuk membangunnya dari awal. Hunian ini mencakup 6.100 meter persegi dan menampilkan 500 pohon cemara.

Xanadu 2.0 dilengkapi berbagai teknologi canggih, misalnya pin kecil yang dipasang di kerah masing-masing tamu sehingga mereka dapat mengontrol pencahayaan, musik, dan suhu. Terdapat sungai buatan yang berisi ikan salmon dan forel asli. Sisanya, ada pula 6 dapur, 7 kamar tidur, ruang trampolin, perpustakaan, dan pohon mapel yang dirawat oleh bantuan tenaga komputer.