Lifestyle

Ternyata Ini Cara Memaksimalkan Career Path Karyawan!

RIAULINK.COM - Salah satu tugas seorang HR dalam sebuah perusahaan adalah dengan mengoptimalkan karir karyawan yang ada di perusahaan tersebut.

Career path sendiri merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan oleh setiap karyawan. Karena jenjang karir dapat membantu karyawan itu sendiri dalam menentukan dan mencapai tujuan karir yang mereka miliki.

Untuk mengetahui bagaimana cara memaksimalkan career path karyawan, simak penjelasan artikel berikut sampai tuntas ya!

Apa Itu Career Path?

Career path adalah urutan pekerjaan yang dilakukan oleh seorang karyawan yang mengarah ke tujuan karir yang mereka miliki, baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang.

Dalam melakukan career path sendiri, terdapat beberapa karyawan yang akan mengikuti jalur karir linier dalam suatu bidang, namun terdapat juga beberapa karyawan yang mengubah bidangnya secara berkala dalam mencapai karir maupun tujuan pribadi yang dimilikinya.

Contoh dari career path sendiri adalah, misalnya Anda memulai karir sebagai seorang junior content writer di sebuah perusahaan. Maka, di masa yang akan mendatang, Anda akan memiliki kesempatan untuk menjadi seorang senior content writer, senior editor, hingga menjadi head of content writer.

Apakah Career Path Penting Bagi Karyawan?

Jika Anda adalah seorang karyawan, tentu memiliki career path adalah hal yang penting untuk diri Anda sendiri. Karena dengan memiliki career path, Anda akan memiliki kejelasan tentang jenjang karir yang akan Anda tempuh nantinya.

Jika Anda memiliki jenjang karir yang jelas, maka nantinya hal tersebut juga akan menghadirkan banyak manfaat kepada diri Anda sendiri. Di mana, Anda dapat mengetahui banyak hal mengenai karir yang sedang Anda tempuh, serta hal-hal apa saja yang dibutuhkan bagi Anda untuk mencapai jenjang karir tertinggi yang Anda miliki.

Tak hanya memberikan keuntungan kepada karyawan, ternyata career path seorang karyawan juga dapat memberikan keuntungan kepada perusahaan.

Di mana, perusahaan dapat meningkatkan retensi karyawan, sehingga karyawan-karyawan terbaik yang bekerja di suatu perusahaan tidak akan pergi guna mendapatkan jenjang karir yang lebih baik di perusahaan lain.

Selain itu, perusahaan yang dapat mengimplementasikan career path secara baik untuk karyawannya juga dapat menekan biaya pelatihan sumber daya manusia yang biasanya dilakukan oleh perusahaan.

Strategi HRD untuk Memaksimalkan Career Path Karyawan

Seluruh keuntungan career path yang akan didapatkan oleh perusahaan, seperti yang sudah dijelaskan di atas, dapat tercapai melalui beberapa strategi HRD dalam memaksimalkan career path karyawan seperti yang ada di bawah ini.

1. Menentukan Posisi Pekerjaan

Strategi pertama dalam memaksimalkan career path karyawan adalah dengan membuat deskripsi secara detail mengenai suatu posisi yang disertai juga dengan daftar tanggung jawab utama yang harus dilaksanakan oleh karyawan yang bersangkutan.

Selain itu, seorang HRD juga harus menyertakan KPI (Key Performance Indicators) pada setiap posisi untuk mengetahui bagaimana seseorang dapat dinyatakan sukses dalam menyelesaikan pekerjaannya dalam posisi tersebut.

Setelah melakukan hal-hal tersebut, maka nantinya seorang HRD dapat mengenali beberapa pekerjaan yang bisa dikelompokkan sesuai dengan deskripsi tersebut, sehingga perusahaan dapat mengenali jenjang karir dari suatu posisi. 

2. Membuat Program Pelatihan dan Pengembangan Internal

Setelah mengenai posisi pekerjaan karyawan di suatu perusahaan, maka strategi selanjutnya yang harus dilakukan oleh HRD adalah dengan membuat program pelatihan dan pengembangan internal.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju seperti saat ini, kini sudah terdapat sebuah software Learning Management System yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam mempermudah pemberian pelatihan kepada karyawan.

Software LMS sendiri memiliki fungsi untuk mengelola segala hal yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran atau pengembangan skill maupun kompetensi yang dimiliki oleh karyawan.

3. Memetakan Career Path Setiap Karyawan

Dalam melakukan peninjauan kerja karyawan, nantinya seseorang yang akan bertugas adalah seorang manajer perusahaan.

Dalam melakukan strategi ini, nantinya, seorang karyawan akan bertemu dengan manajer, dan manajer memiliki tugas untuk mengarahkan mengenai tujuan dan juga harapan yang dimiliki oleh perusahaan kepada karyawan.

Begitu pula bagi karyawan, mereka bisa memberitahukan kepada perusahaan mengenai harapan apa yang mereka miliki terhadap perusahaan mengenai jenjang karir.

Manajer yang bertugas juga memiliki tanggung jawab untuk meninjau pekerjaan karyawan dengan memastikan apakah karyawan sudah bekerja dengan baik dan sesuai dengan harapan perusahaan, agar mereka mendapatkan jenjang karir yang memang diinginkan oleh perusahaan.

Itulah informasi mengenai cara memaksimalkan career path karyawan yang dapat Anda ketahui. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Source : https://www.linovhr.com/memaksimalkan-career-path/