Lingkungan

UPT KPH Mandah Ujung Tombak Pelestarian Alam

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau, Maamun Morod resmikan Persemaian UPT Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Mandah di Jalan Pendidikan, Kota Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. 

Melalui KPH Mandah, diharapkan bisa berperan menjadi ujung tombak, guna menjawab persoalan abrasi dan degradasi kawasan hutan.Terjadinya pengikisan daratan akibat abrasi di sepanjang aliran sungai, akibat berkurangnya kawasan hutan karena kurangnya kesadaran pelestarian.

"Pentingnya mewujudkan Program Riau Hijau dan perhutanan sosial, tak hanya guna pelestarian alam. Tetapi dampak secara ekonomi kepada masyarakat," ungkap Murod, Rabu (14/7/2021). 

Selain itu, Kadis LHK juga berharap KPH Mandah dapat mengawal program perhutanan sosial dari pemerintah pusat. Keberadaan perhutanan sosial tak hanya guna penghijauan, tetapi juga ada dampak ekonomi terhadap masyarakat. 

"Peresmian KPH Mandah bersempena dengan penanaman bibit pohon mangrove di Sungai Belah Kecamatan Kuala Indragiri. Melalui KPH Mandah, nantinya dapat mewujudkan Program Riau Hijau yang digagas Gubernur dan Wakil Gubernur Riau," ujarnya. 

Peresmian KPH Mandah dihadiri perwakilan dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Indragiri Rokan serta dari Badan Restorasi Gambut dan Menggrove. 

"Terimakasih kepada BPDAS Indragiri Rokan yang sudah bersinergi membantu KPH Mandah. Kemudian BRG juga telah banyak membantu," kata Murod. 

Selain meresmikan persemaian UPT KPH Mandah, Kadis LHK Riau juga akan membagikan 10 ribu bibit tanaman. Diantaranya diterima kelompok tani hutan, organisasi masyarakat Riau Bersatu termasuk untuk Pondok Pesantren Darul Rahman, sekaligus jadi lokasi acara penyerahan bibit.