Opini

Peran Penting Komunikasi dan Kepemimpinan Dalam Dunia Pendidikan

Ilustrasi.net

Pada bagian ini, kita membahas pentingnya komunikasi dalam kepemimpinan dan pemeriksaan proses komunikasi dalam mengirim dan menerima pesan. Komunikasi adalah proses penyampaian informasi dan makna. Komunikasi yang benar terjadi hanya jika semua pihak memahami pesan (informasi) dari perspektif (makna) yang sama.

Komunikasi merupakan salah satu hal penting dalam berinteraksi sesama manusia. Jika kita memiliki cara komunikasi yang baik maka akan terjadi percakapan yang bagus antara satu sama lain. Begitu juga dalam dunia kepemimpinan khususnya dalam dunia pendidikan, bagaimana cara komunikasi seorang pemimpin sangat berpengaruh terhadap bawahannya. Perlu adanya pemahaman dalam cara berkomunikasi yang baik. Seperti :

-Berbicara dengan sopan santun

-Menghormati cara berbicara dengan yang lebih tua

-Tidak bertele-tele

-Menegur dengan cara tidak menjatuhkan 

-Mempunyai kemampuan public speaking yang bagus, dll

Dengan memiliki kemampuan tata cara komunikasi yang baik maka antara bawahan dan atasan akan terjalin suatu komunikasi yang baik membahas suatu hal yang perlu diskusikan, sehingga permasalahan yang dihadapi dapat terselesaikan dengan baik karena proses penyampaian yang baik. 

Selanjutnya, jika komunikasi baik maka pemimpin dapat mengarahkan anggotanya dengan baik sebab arahan yang disampaikan pemimpin tersebut mudah dipahami oleh anggotanya. Otomatis sosialisasi didalam kepemimpinan tersebut tidak ada kecanggungan. 

Perlu diketahui bahwa pemimpin merupakan cerminan dari anggotanya, jika pemimpin mampu memberikan contoh yang baik terhadap anggotanya, maka itu akan mempenaruhi kinerja didalam nya. Apalagi jika pemimpin tersebut berkontribusi pada setiap kegiatan yang ada dan terus memantau perkembangan seiap anggotanya.

Pemimpin menggunakan komunikasi untuk mempengaruhi orang lain, jadi pemimpin perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Otoritas mempengaruhi komunikasi formal dan, pada akhirnya, kinerja. Jadi kounikasi yang kita gunakan sangat berpengaruh dalam hungan antara yang satu dan yang lainnya. 

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa komunikasi sangat penting didalam sebuah kepemimpinan dikarenakan tanpa adanya komunikasi yang baik maka pemikiran yang bagus antara individu yang satu dengan yang lain akan sulit untuk disatukan. 

Penulis : Dian Tripenita, Fetty Wulandari, Nufaisah Masyhura, Nurhamidah

(Penulis merupakan mahasiswi semester 6 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau)