Lifestyle

Ada Tempat Favorit Baru Kaum Milenial di Siak, Cek Lokasinya...

SIAK, RIAULINK.COM - Ruang terbuka publik (RTP) yang baru saja selesai dibangun minggu lalu di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak ini mengundang para kaum milenial untuk menjajal berbagai kreatifitasnya di sana. 

Meski belum dibuka untuk umum, terlihat banyak warga dan muda-mudi bermain dan beraktivitas di tempat yang diberi nama Taman Tuah Sekawan itu.

Dahulunya taman itu memang sudah ada, namun kondisinya masih seperti lahan kosong dipenuhi rerumputan dan lalang yang belum termanfaatkan secara baik. Tapi kini taman itu disulap Pemkab Siak menjadi RTP dan mendadak jadi tempat wisata alternatif favorit di masa pandemi COVID-19.

Belum genap sepekan selesai dibangun, RTP Tuah Sekawan itu sudah ramai dikunjungi para pedagang kaki lima yang menjajakan bermacam makanan ringan di sana. Mereka memanfaatkan momen kunjungan para muda-mudi yang sedang beraktifitas di sana. 

Abdul (35), salah seorang pedagang makanan cemilan menggunakan gerobak motor di sana mengaku senang ngetem di kawasan RTP itu, menurutnya tempat itu ramai mulai dari pagi hari, jadi peluang omset yang didapatnya lebih besar. 

"Lumayan lah mas, pagi-pagi di sini sudah ramai orang olahraga dan senam, mereka belanja minuman juga di tempat saya, biasanya saya keliling dan pindah-pindah belum tentu laku," kata pria yang sudah 7 tahun berjualan itu. 

Memang, sejak pagi tempat itu sudah diramaikan oleh anak-anak bahkan kaum emak-emak untuk berolahraga dan senam.

Kemudian sore harinya juga tak kalah ramai, banyak kaum milenial yang bermain skateboard, bermain musik dan ada juga komunitas penari yang berlatih di sana. Bahkan di malam hari pun ramai dijadikan tempat bersantai.

Seperti komunitas skateboard misalnya, sejak RTP baru siap mereka langsung menguji coba lantai taman yang mulus itu dengan berkeliling mengitari kawasan itu. Mereka mengaku senang dengan apa yang dibangun pemerintah sebab mereka punya tempat menyalurkan hobi dan kreatifitasnya di lingkungan mereka sendiri. 

"Sebelumnya kami main di lapangan sekolah kami, tapi sedikit ada hambatan karena lapangan itu juga dipakai oleh anak-anak ekstrakulikuler lain, kadang kami main di aspal saja. Kami syukurlah ada taman ini bisa jadi tempat latihan skateboard," kata salah seorang pemuda yang malu menyebutkan namanya. 

Hal ini tentunya menjadi kesenangan tersendiri bagi warga Kecamatan Tualang. Bagaimana tidak, RTP Tuah Sekawan berada di tengah perkotaan di Kelurahan Perawang yang padat penduduknya. Sehingga menjadi sentral wisata di wilayah itu. 

RTP Tuah Sekawan itu dikelola oleh Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Permukiman (PU Tarukim) Kabupaten Siak. Pada tahun ini pengerjaan bangunan RTP itu masih pada tahap I, fasilitas umum masih belum tersedia di sana, hanya ada panggung, lantai taman dan lampu ala kadarnya. Maklum, pembangunan RTP itu belum maksimal sebab dianggarkan hanya Rp1,4 miliar pada tahun 2020.

Kepala Dinas PU Tarukim Kabupaten Siak, Irving Kahar melalui Kepala Bidang Pertamanan dan Pemakaman, Izram mengatakan tahun depan RTP Tuah Sekawan itu bakal dibangun tahap ke-II nya, pembangunan lanjutan itu lebih memprioritaskan fasilitas umum sebagai penunjang layaknya taman menjadi tempat wisata. 

"Untuk 2021 kita lanjutkan ke tahap II, itu sudah dianggarkan sekitar Rp1,5 miliar lebih lah, untuk melengkapi fasilitas umum di sana. Seperti WC umum akan ditingkatkan, karena yang sekarang itu belum layak lah, itu contohnya dan banyak lagi," katanya dikonfirmasi riaulink.com melalui telepon seluler, Jumat (18/12/2020). 

Ditambahkannya, berbagai fasilitas seperti lampu taman dekoratif bakal ditambah dan diperindah. Kemudian juga akan dibangun seperti taman-taman bunga, stand bollard, kansten taman, jalan masuk taman dan yang terutama lahan parkir. 

"Konsepnya mirip RTP Syarifah Sembilan yang di Kecamatan Sungai Apit itu. Dan itu memang permintaan masyarakat, pak Bupati juga mendorong adanya taman atau RTP di tiap kecamatan di Siak, sebagai daya tarik wisatawan untuk ke Siak. Bahkan tahun ini bakal dibangun juga untuk di Kecamatan Kerinci Kanan," ujar Izram. 

Dia juga mengatakan, dalam masa pandemi ini pihaknya telah menyediakan fasilitas protokol kesehatan di beberapa tempat umum seperti cuci tangan.

"Masyarakat bisa melakukan protokol kesehatan saat mengunjungi taman maupun RTP lainnya. Jangan lupa memakai masker juga dan tidak berkerumum," tutupnya. (Wahyu)