Lifestyle

Ikut Tren, Ternyata Rasidah Alfedri Juga Koleksi 'Janda Bolong'

Rasidah saat memperlihatkan koleksi tanaman hiasnya di halaman belakang rumah pribadinya

SIAK, RIAULINK.COM - Baru-baru ini tanaman hias menjadi tren di kalangan ibu-ibu di Indonesia. Bahkan menjadi viral sebab beberapa jenis tanaman hias dari jenis caladium dan monstera itu harganya kini melangit.

Selama pandemi Covid-19 ini, hobi budidaya tanaman hias menjadi kegiatan yang paling banyak dilakukan.

Di Kabupaten Siak, hobi ini tak hanya digandrungi oleh kalangan masyarakat biasa. Ternyata isteri-isteri dari kalangan pejabat juga banyak yang memiliki koleksi jenis tanaman hias tersebut.

Salah satunya ialah isteri dari Bupati Siak yaitu Rasidah Alfedri. Ternyata dia cukup banyak mengoleksi berbagai tanaman hias caladium hingga monstera di halaman belakang rumah pribadinya. 

Jurnalis riaulink.com berkesempatan mengunjungi rumah pribadi Bupati Siak itu. Di sana Rasidah memperlihatkan koleksi tanaman hiasnya.

Rasidah mengaku sudah lama hobi berkebun tanaman hias, jauh sebelum musim caladium dan monstera jadi tranding. 

"Sudah lama sih hobi bunga, sejak tinggal di rumah ini saya sudah menanam berbagai tanaman hias. Tapi sekarang orang-orang juga hobi bunga yang lagi viral saya jadi ikut," kata Rasidah, Minggu (27/9/2020). 

Dari banyak jenis tanaman hiasnya, Rasidah kemudian memperlihatkan monstera 'janda bolong' miliknya yang dia peroleh dari temannya. 

"Yang ini dikasih teman, Duti, salah satu pegawai di pemerintahan desa. Jadi semua bunga saya ini hadiah, ada yang dari ibu camat Mempura, bu camat Bungaraya, dan bu camat Dayun ya banyak lah teman-teman yang ngasih karena lagi tranding gitu," kata Rasidah. 

Namun, meski koleksi tanaman hias milik Rasidah cukup banyak, ia enggan untuk memperjualbelikaatau menjadikannya ladang bisnis. 

Menurutnya, mengoleksi tanaman hias caladium dan monstera itu hanya sebagian dari hobi yang ditekuninya. 

"Gak ada pernah jual, yang nawar juga gak ada, hanya hobi saja. Kalau ada yang mau boleh ambil atau barter lah, biar koleksi makin banyak," bebernya. 

"Bahkan kali saya jual beli tanaman hias itu gak berhasil, pernah saya beli jenis caladium gak ada yang hidup, tapi kalau diberi orang malah hidup," sambung Rasidah sambil tertawa. 

Rasidah menceritakan, semua tanaman hias atau tanaman bunga yang ada di rumahnya tersebut diurus langsung olehnya. Ia juga mengatakan tak pernah menyewa jasa tukang kebun untuk mengurus bunga di halaman rumahnya. (Wahyu)