Lifestyle

Ditanya Soal Kiat Sukses Oleh Pakar Ekonomi Islam, Ini Jawaban Ikbal Sayuti

RIAULINK.COM - Untuk Sukses dalam berbisnis tidaklah semudah apa yang kita pikirkan, Berbagai macam hal yang harus kita lakukan agar kesuksesan itu bisa di raih.

Chief Executive Officer (CEO) Nursa Group, H. Ikbal Sayuti, SE menyebut bahwa untuk Sukses dalam berbisnis cukuplah sederhana, kita cukup Lakukan 3 hal sederhana untuk bisa meraih kesuksesan dalam berbisnis.

Ungkapan tersebut disampaikan H. Ikbal Sayuti, SE saat ditanya oleh Pakar Ekonomi Islam DR. Hendra Kholik, MA dalam Sebuah Acara 'Ngobrol Bareng Saudagar Muslim Indonesia' beberapa hari yang lalu.

"Sesuai dengan pengalaman saya, Kiat Sukses itu cukup sederha, kita hanya perlu lakukan 3 hal yakni : Mencontoh atau mengikuti cara-cara Rasulullah ( Nabi Muhammad SAW), Minta Ridho Orang tua, serta Melibatkan Allah SWT dalam Bisnis kita," Sebutnya.

Lanjutnya, H. Ikbal Sayuti menyebut bahwa Kenapa kita harus mengikuti Cara-cara Rasulullah karena Rasulullah itu orangnya Siddiq, Amanah, Fathanah serta Tabliq.

Siddiq artinya Jujur. Rasulullah ketika menjadi pengusaha di mekkah dikenal dengan kejujurannya, Jika satu urusan diserahkan kepadanya, niscaya orang percaya bahwa urusan itu akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itulah Nabi Muhammad SAW dijuluki oleh penduduk Mekkah dengan gelar “Al Amin” yang artinya terpercaya jauh sebelum beliau diangkat jadi Nabi. Apa pun yang beliau ucapkan, penduduk Mekkah mempercayainya karena beliau bukanlah orang yang pembohong.

Tambahnya, Dulu ketika ingin berbisnis dengan seseorang yang pertama dilihat itu adalah skill dan pendidikannya, Ternyata Saat ini Kejujuran adalah modal utamanya.

Sifat selanjutnya yang dimiliki Rasulullah adalah Fathanah, Fathanah artinya cerdas, sifat cerdas harus kita miliki karena dengan kecerdasan kita mampu melihat peluang bisnis yang tidak dilihat orang lain, Salah satu contoh kecerdasan Rasulullah dalam berbisnis adalah ketika para pedangang pergi belanja di syam pedagang lain hanya membawa uang belanjaan.

Lanjutnya, Akan tetapi Rasulullah malah menghabiskan uang yang dimiliki membeli barang dimekkah untuk di jual di Syam, hasil jualan di syam digunakan untuk membeli barang yang akan di jual di Mekkah. Tentu Rasulullah mendapat keuntungan yang lebih dari apa yang dilakukannya tersebut ketimbang pedagang lain.

Sifat Rasulullah yangbperlu di contoh adalah Tabliq, Tabliq adalah mampu menyampaikan apa yang dia punya apa yang dia miliki kepada orang lain (Konsumen). Rasulullah itu bervisi ekspansi. Beliau dalam berdagang tak hanya berkutat pada satu atau dua pasar. Nabi SAW juga melakukan perluasan jangkauan bisnis ke banyak wilayah. Dengan begitu, reputasi dan pamor (branding) produk-produknya kian dikenal masyarakat luas.

"Jadi, kesemua sifat Rasulullah itu sudah terbukti mengantarkannya menjadi Pengusaha Sukses. Dan itu perlu kita contoh," Sebutnya.

Selanjutnya, H. Ikbal Sayuti menyebut hal yang kedua yang harus dilakukan agar suskes dalam berbisnis adalah meminta Ridhonya Orang tua. Ketika Orang tua Sudah meridhoi Insya Allah Usaha atau Bisnis kita akan Sukses karena ridhonya Orang tua juga Ridhonya Allah SWT.

Lebih Lanjut, Hal yang harus dilakukan ketika ingin usaha atau bisnis kita sukses adalah Melibatkan Allah SWT dalam bisnis kita.

"Maksudnya, Jika kita ingin menjadikan Allah SWT sebagai mitra sukses dan mitra kemenangan, maka kita harus menjadi hamba yang baik, hidup lurus, sering berdoa, dan memohon kepada Allah serta melakukan amal-amal yang disukai-Nya. Niscaya Allah SWT akan membukakan pintu-pintu pertolongan-Nya kepada kita. Jika hal itu sudah dilakukan, Insya Allah, Allah SWT akan senantiasa melibatkan diri-Nya dalam langkah sukses kita," Jelas H. Ikbal Sayuti.

Tambahnya, Yang tidak kalah penting, pesembahkanlah kesuksesan dan kemenangan kita bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang lain, yaitu untuk membantu sesama.

Terakhir, H. Ikbal Sayuti Berharap apa yang di sampaikannya ini bisa menjadi Inspirasi bagi pengusaha dan pebisnis pemula.

"Semoga Kiat Sukses dari pengalaman saya ini bisa bermanfaat bagi orang banyak, Aaminn," harapnya.

Sebagai Informasi, H. Ikbal Sayuti,SE lahir di Pulau Kijang, 25 Mei 1978. Mengawali kariernya di dunia bisnis pada umur 20 tahun, H. Ikbal sayuti mengembangkan Nursa Group yang awalnya masih bergerak di bidang telekomunikasi.

Saat ini Nursa Group ada beberapa bidang usaha yang dilakoni seperti bergerak di berbagai bidang seperti Bidang Agro bisnis, Bidang Tour dan Travel Umrah dan Baji Plus, Bidang Batu bara, Bidang Properti, serta di Bidang konsultan Riset. (Jb)