Lifestyle

Dipercaya Bisa Cegah Corona, Ini Manfaat Jahe Merah yang Harus Diketahui

RIAULINK.COM - Saat musim hujan dan cuaca yang tidak menentu, sebaiknya antisipasi perlindungan tubuh dengan berbagai cara agar kondisi tubuh tetap fit. Apalagi, wabah virus Corona kini telah muncul di Indonesia, sehingga membuat kita harus ekstra waspada.

Saat cuaca dingin daya tahan tubuh manusia bisa menurun secara drastis dan tiba-tiba.Seseorang akan lebih mudah terserang penyakit pada musim hujan seperti batuk, flu, demam, dan sebagainya.

Oleh karena itu, kita harus menjaga daya tahan tubuh tak mudah terserang berbagai penyakit. Salah satu cara yang diberikan yakni dengan mengonsumsi obat herbal dalam kehidupan sehari-hari, seperti jahe.

 

Jahe telah lama digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan olahan makanan dan minuman untuk menghangatkan dan mengembalikan kebugaran tubuh.

jahe memang memiliki manfaat agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Jahe juga mampu bertindak sebagai pereda nyeri alami dan anti-inflamasi yang dapat meredakan nyeri otot setelah melakukan kegiatan berat seperti olahraga.

Dalam jurnal yang diterbitkan oleh The Journal of Pain, jahe merupakan bahan herbal yang direkomendasikan untuk dikonsumsi bahkan ketika tubuh melakukan pekerjaan berat seperti berolahraga. Seseorang yang mengonsumsi 2 gram jahe per hari (sekitar 1 sendok makan jahe parut atau 3/4 sendok teh jahe bubuk) mampu mengurangi 25% nyeri otot yang diakibatkan oleh aktivitas berat.

Salah satu jenis jahe terbaik untuk dikonsumsi adalah jahe merah karena mengandung antioksidan yang tinggi dan berfungsi sebagai zat pencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Berbagai penelitian juga menyebut jahe merah sebagai anti-inflamasi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung jahe merah sangat baik,