Lingkungan

H Mursini Hadiri Panen Raya Pepaya Kalifornia di Desa Simpang Raya Kuansing

INHIL, RIAULINK.COM - Kebun pepaya milik Kelompok Tani Rukun Sentosa, Desa Simpang Raya Kecamatan Singingi Hilir  Kabupaten Kuantan Singingi, menerima kunjungan Bupati Kuansing Drs. H. Mursini, M.Si Kamis (28/11).

Kedatangan Bupati H Mursini dalam rangka menyaksikan lansung panen raya buah pepaya jenis California yang di budidayakan oleh Kapoktan Rukun Sentosa tersebut, dalam kesempatan itu H Mursini memberikan bantuan pembelian bibit labu Jepang untuk Kapoktan, Desa Simpang Raya. " Bantuan ini atas permintaan Kapoktan Rukun Sentosa, yang menginginkan bibit labu Jepang, untuk dijadikan tanaman Agro Wisata, di Desa tersebut," Ujarnya.

Bupati membantu secara lansung sebesar Rp.13,5 Juta. Sementara untuk pembuatan tempatnya, Bupati menyarankan diusulkan ke Dinas terkait. "Khusus untuk bibit labu, biar saya belikan, saya bantu Rp. 13,5 juta," Tuturnya.

Kepada Kapoktan Rukun Sentosa, Bupati menyampaikan, rasa terimakasihnya, karena telah menyambut hangat rombongan saat berkunjung dalam rangka panen pepaya. "Ini juga sesuai janji kami dulu, kalau panen kami akan datang kemari," Sebutnya.

Di Kapoktan Rukun Sentosa, Bupati tidak hanya ikut memetik hasil panen pepaya dan juga jagung, akan tetapi juga membeli hasil panen pepaya milik petani. Untuk Pepaya dijual Rp. 4.000 per kilo, dan jagung dijual Rp. 6.000 per kilo.

Menurut Bupati, tanaman pangan dan hortikultura merupakan komoditi yang cepat menghasilkan. Dirinya siap mendukung masyarakat dalam mengembangkan komiditi pertanian tersebut.

Sementara Kadis pertanian Ir. Emerson, menyebutkan Desa Simpang Raya, terdapat beberapa potensi yang sudah tergarap dengan baik. Seperti tanaman pangan, hortikultura dan perkebunann.

Begitu juga Camat Singingi Hilir, Risman menyebutkan di Kecamatan yang ia pimpin ini, satu Desa ada satu produk unggulan, semuanya itu menurut dia dibiayai dengan dana Desa. "Untuk dana Desa ini, di Singingi Hilir banyak diperuntukkan untuk pemberdayaan," Ujarnya.

Kemudian, Kades Simpang Raya, Ampran Mangunsong, mengatakan bahwa Desanya telah ditunjuk sebagai Desa Kampung percontohan pertanian di Provinsi Riau. (Ind)