Ekonomi

Bupati Kuansing: Penerima Bantuan Bibit Sawit Jangan Hanya Jadi Pelengkap Administrasi

KUANSING, RIAULINK.COM - Bupati Kuantan Singingi Drs H Mursini, M.Si., menyerahkan 17 ribu batang bantuan bibit sawit Pemerintah Daeah (Pemda) Kuantan Singingi (Kuansing) kepada masyarakat, pada Selasa (26/11/2019).

Sebanyak  delapan kelompok tani di dua kecamatan di bagian hilir Kabupaten Kuansing, yakni Kecamatan Kuantan Hilir dan Cerenti menerima bantuan tersebut.

Penyerahan dilakukan Bupati Kuansing H Mursini didampingi Kadis Pertanian Ir Emmerson kepada masyarakat yang diterima Ketua Kelompok dan disaksikan oleh Camat Kuantan Hilir Yulfides diwakili Sekcam Tarmizi Ali, Kapolsek Kuantan Hilir AKP Tapip Usman, Danramil 07/ Kuantan Hilir Kapten Inf Kadarisman serta Upika Kecamatan lainnya.

Bupati Mursini berharap agar bantuan bibit sawit yang diberikan Pemda Kuansing ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat kedepannya.

"Kelompok ini jangan hanya sebagai pelengkap administrasi saja, untuk mendapatkan bantuan Pemerintah Daerah. Namun harus terus dipupuk dan dijaga kelangsungannya," ucap Bupati.

"Rasa kebersamaan ini harus sampai akhir bibit ini bisa menghasilkan, dan kedepannya hasil panen juga dijual dengan sistem kesepakatan kelompok hendaknya. Agar hasilnya memuaskan dan kelompok ini bisa jadi sebuah koperasi pertanian sawit hendaknya," tutup Mursini seraya berharap.

Kadis Pertanian Emmerson menambahkan, bahwa program pemerintah daerah dibawah kepemimpinan Mursini - Halim ingin mewujudkan kesejahteraan perekonomian masyarakat.

Bantuan bibit ini tidak asal diberikan saja kepada masyarakat melalui bentuk kelompok tani sawit. Namun juga telah melalui dilakukannya tahapan - tahapan beripa verifikasi dan peninjauan langsung ke lapangan, ujarnya.

"Pemerintah juga memberikan bantuan berupa barang, yaitu Seng untuk dipergunakan sebagai pagar pelindung bibit sawit secara individu," jelasnya. "Jaga dan pelihara lah bantuan yag diberikan ini dengan baik sehingga bisa menghasilkan dengan baik nantinya," ucapnya.

Salah seorang anggota kelompok tani di Desa Pulau Kijang, Hardiamon mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah yang telah menyalurkan bantuan bibit sawit ini sesuai janji saat masa kampanye lalu.

"Alhamdulillah sudah terealisasi janji pemerintah daerah terhadap masyarakatnya. Dan terimakasih sudah diserahkan langsung oleh Pak Bupati kepada kami, kami tersanjung dan bangga atas hal ini," ucap mantan Kades Pulau Kijang 2 periode itu. (Ind)