Olahraga

Timnas Indonesia Tak Berkutik dan Tersingkir Di Piala AFF 2018, Dimana Letak Kesalahanya,,?

RIAULINK.com - Sepak bola Indonesia menutup tahun 2018 dengan tak mengenakkan. Di ajang Piala AFF 2018, Timnas Indonesia yang dilatih Bima Sakti, tak berdaya, tersingkir, bahkan sebelum laga penyisihan grup berakhir.

Dua kekalahan di Grup B, 0-1 dari Singapura dan 2-4 dari Thailand, membuat Timnas Indonesia gagal melangkahkan kaki ke semifinal. Bahkan, kemenangan 3-1 atas Timor Leste tak mampu menyelamatkan peluang untuk mengamankan tiket ke empat besar.

Kepastian tersingkir itu didapat Indonesia usai laga Thailand vs Filipina yang berakhir imbang 1-1, sehingga nilai keduanya, tujuh, tak mampu lagi dikejar Timnas Indonesia yang ketika itu hanya memiliki tiga poin dengan satu laga tersisa.

Praktis, laga terakhir di Grup B, melawan Filipina, Minggu (25/11) hanya merupakan formalitas bagi Timnas Indonesia. Itu pun gagal pula dimenangkan. Tim Garuda dan Filipina berbagi angka 0-0.

Hasil ini tentu saja bertolak belakang dengan torehan Timnas Indonesia di ajang yang sama dua tahun lalu. Ketika itu di bawah asuhan Alfred Riedl, Tim Garuda melangkah hingga ke partai puncak dengan meyakinkan.

Sayangnya, ketika itu di final, Indonesia harus mengakui keunggulan musuh bebuyutan, Thailand. Dalam dua laga final, Timnas Indonesia kalah dengan agregat 2-3.

Kegagalan Timnas Indonesia lolos ke semifinal juga mengulang sejarah kelam yang pernah dialami Indonesia di tiga edisi Piala AFF sebelumnya: 2007, 2012, dan 2014. Padahal, Indonesia sendiri sebenarnya punya rekor mentereng di ajang sepak bola paling elite se-Asia Tenggara ini.

Meski belum pernah juara, Indonesia pernah lima kali menembus partai puncak. Pun tahun ini, Timnas Indonesia juga sebenarnya disebut-sebut sebagai salah satu kandidat kuat juara, selain Thailand dan Vietnam.

Pamor Indonesia bahkan sempat membuat tim-tim elite seperti Vietnam, Malaysia, termasuk Thailand cukup berhitung saat berhadapan dengan Indonesia. Sebab, secara materi pemain, nama-nama seperti Stefano Lilipaly, Evan Dimas, Andik Vermansah, tak kalah dengan bintang-bintang tim rival.