FTIK Unisi Berbagi Tips dan Trik Dramatic Manipulation

INHIL, RIAULINK.COM - Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Universitas Islam Indragiri (Unisi) mengadakan workshop Dramatic Manipulation sebagai salah satu penerapan mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK). Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang D dan E FTIK Unisi. Senin (21/10/019)

Workshop membahas tentang Dramatic Manipulation dengan pembicara Ahay Art (Photographer and Editing Profesional) dan Dwi Yuli Prasetyo, M.Kom, M.Eng sebagai Dosen Mata Kuliah (IMK).

Dalam workshop ini Bang Ahay biasa disapa, membahas tentang tips dan trik melakukan editing untuk membuat Dramatic Manipulation foto serta editing foto digital lainnya yang dapat memperindah hasil foto. Editing ini menggunakan software Adobe Photoshop yang sudah sangat familiar dikalangan mahasiswa, umum terutama untuk para penghobi maupun komersial foto.

"Dengan adanya kegiatan ini sangat membantu mahasiswa dan umum dalam mengedit dan memanipulasi foto tentunya dengan kesesuaian, perspektif, warna dan pencahayaan yang baik, agar tercipta editing foto yang sesuai dengan kita inginkan," ungkap Bg Ahay.

Dosen Pengampu Mata Kuliah IMK, Dwi Yuli Prasetyo, M.Kom, M.Eng mengatakan dengan adanya kegiatan workshop ini sangat membantu dalam menunjang perkuliahan, karena ada salah satu bab pertemuan di IMK yang membahas tentang perspektif desain. Dengan adanya kegiatan ini mahasiswa FTIK Unisi jadi lebih mengerti mengenai perspektif, warna dan cahaya. 

"Saya berharap para peserta bisa menerapkan apa yang telah diberikan oleh pembicara dan saya juga mengucapkan terimakasih Bang Ahay telah bersedia memberikan ilmunya kepada kami," tuturnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Samsudin, M.Kom selalu Ketua Program Studi Sistem Informasi Unisi, dia mengatakan kegiatan workshop ini sangat bagus dan bermanfaat untuk mahasiswa Prodi Sistem Informasi, karena dengan workshop Dramatic Manipulation ini mahasiswa Prodi Sistem Informasi bisa lebih memahami bagaimana cara mengolah dan mengedit sebuah foto sehingga menjadi foto yang menarik. Mengawali kegiatan ini beliau membuka kegiatan workshop Dramatic Manipulation dengan ucapan Bissmillahirrohmanirrohim. 

Para peserta workshop diwajibkan untuk membawa laptop, software photoshop dan foto untuk praktek editingnya. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan skill para mahasiswa Prodi Sistem Informasi FTIK UNISI dalam bidang editing tidak hanya skil fotografi yang kadang keduanya tidak terpisahkan. 

Seperti biasa acara workshop ditutup dengan foto bersama seluruh peserta yang hadir dalam workshop Dramatic Manipulation tersebut. (***)