Lingkungan

Wah, 753 Titik Panas Terdeteksi di Pulau Sumatra

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Titik panas di wilayah Sumatra semakin marak. Senin (14/10/2019) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya 753 titik panas di pulau Andalas itu.

"Titik panas terdeteksi di 6 wilayah, termasuk Riau," ujar Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru Marzuki, Senin (14/10/2019).

Ia mengatakan, 753 titik panas tersebut tersebar di Jambi 92 titik, Lampung 54 titik, Sumatra Barat 3 titik, Sumatra Selatan 583 titik, Bangka Belitung 9 titik dan Riau 12 titik.

"Untuk Riau, titik panas tersebar di 5 wilayah dengan sebaran titik panas terbanyak berada di Indragiri Hilir, yakni 5 titik. Selebihnya di Pelalawan 3 titik, Indragiri Hulu 2 titik, Meranti dan Siak masing-masing 1 titik," cakapnya.

Dari jumlah tersebut, lanjut Marzuki, 5 titik diantaranya memiliki level confidence di atas 70 persen. Ini artinya di wilayah tersebut dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan.

"Titik api tersebut berada di Meranti 1 titik tepatnya di Kecamatan Tebing Tinggi. Kemudian di Inhil sebanyak 2 titik dan 2 titik lagi api di Inhu, tepatnya di Kecamatan Peranap dan Pasir Penyu," katanya.