Lingkungan

Diguyur Hujan Lebat, Jarak Pandang di Riau Semakin Membaik

Tugu Zapin depan kantor gubernur Riau, jalan Sudirman, Pekanbaru, Rabu (25/9/2019).

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Pasca diguyur hujan lebat, kabut asap di Kota Pekanbaru dan beberapa daerah lain di Riau mulai berkurang. Udara semakin bersih dan jarak pandang semakin membaik.

"Alhamdulillah tadi malam di Pekanbaru hujan deras. Pagi tadi sengaja jalan-jalan untuk menghirup udara yang sudah semakin mendingan dibanding kemarin. Pagi tadi langsung joging," ujar Ivan, warga Panam.

Ia berharap hujan akan mengguyur Pekanbaru dan wilayah Riau lainnya sehingga asap bisa benar-benar lenyap. "Mudah-mudahan hujan meratalah, jadi nggak ada asap lagi dan anak-anak bisa sekolah lagi," harapnya.

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Marzuki, mengatakan bahwa hari ini jarak pandang di Pekanbaru memang semakin membaik. Hal ini karena hujan yang mengguyur Pekanbaru.

"Jarak pandang semakin membaik. Pagi ini jarak pandang 1.500 Meter," ujar Marzuki seperti dilansir dari laman Cakaplah.com.

Ia mengatakan jarak pandang yang masih 1.500 meter ini disebabkan oleh mist. "Mist adalah kabut tetapi lebih tipis karena embun. Jadi basah bukan seperti asap yang kering," jelasnya.

Disampaikan Marzuki, untuk daerah lain jarak pandang juga semakin membaik.

"Yang masih pendek jarak pandangnya adalah Dumai yanni hanya 1.000 Meter dan ini disebabkan oleh asap. Selanjutnya Pelalawan jarak pandangnya 2.000 Meter dan Inhu 3.000 Meter. Namun memang bukan disebabkan asap lagi," pungkasnya.