Lingkungan

PWI Dumai Bagikan Ribuan Masker kepada Warga

Keterangan foto : Ketua PWI Dumai, Kambali tengah membagikan masker kepada salah seorang pengendara

DUMAI, RIAULINK.COM - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah daerah di Riau masih belum teratasi sepenuhnya. Titik panas masih saja bermunculan.
Kualitas udara di Dumai berstatus tidak sehat. Data Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau, Kamis pagi (12/9/2019) sekiranya pukul 07.00 WIB menyebut kualitas udara Dumai ditandai dengan warna Kuning (tidak sehat), ISPU 182 konsentrasi 314.

Kondisi udara yang setiap hari makin kurang sehat membuat  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Dumai bergerak untuk melakukan kegiatan pembagian masker secara gratis kepada masyarakat.

Pembagian masker dipimpin langsung Ketua PWI Dumai, Kambali didampingi pengurus dan anggota PWI Dumai berjumlah 35 orang yang pusatkan di bundaran Polres Jalan Jendral Sudirman Dumai, Kamis (12/9/2019).

Jumlah masker yang dibagikan sebanyak 7.100 lembar yang dibagikan secara gratis kepada pengguna jalan yang melewati bundaran Polres Jalan Jendral Sudirman Dumai mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 09.30 WIB
Ditemui di sela-sela kegiatan,  Kambali mengatakan PWI Dumai sudah membagikan 7.100 masker kepada masyarakat.

"Guna mengantisipasi berbagai penyakit yang disebabkan kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan seperti ISPA (infeksi saluran pernafasan akut),"sebut dia.

Menurutnya, pembagian masker tidak hanya hari ini saja, melainkan pada Jumat, 13 September 2019 besok.
Pembagian masker ini sebagai wujud kepedulian PWI Dumai terhadap kesehatan masyarakat khususnya untuk mencegah ISPA. 

"Semoga apa yang kami perbuat menjadi contoh dan panutan bagi organisasi lainnya untuk bergerak bersama-sama membagikan masker untuk mencegah penyakit akibat kabut asap,"ucapnya sembari berharap.

Sementara data dari Dinas Kesehatan Kota Dumai, hasil rekapitulasi penyakit ISPA akibat kabut asap Karhutla dari tanggal 1 sampai 10 September 2019 berjumlah 1.532 jiwa.

ISPA tidak hanya menyerang orang dewasa, Diskes juga mengungkapkan jika ISPA juga menyerang anak usia satu tahun sebanyak 99 jiwa, usia satu sampai lima tahun 432 jiwa dan usia di atas lima tahun 1.001 jiwa.
Terakhir Kambali mengucapkan terimakasih kepada seluruh sponsor yang telah mensuport kegiatan ini. 

"Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada Dinas Kesehatan, Badan Pengawasan Obat-obatan dan Makanan (BPOM), RSUD Dumai, PLN Dumai, The Zury Hotel Dumai, Wilmar Dumai, Sari Dumai Sejati Dumai, Comforta Hotel Dumai dan Grand Zuri Dumai,"tutup dia.(Rls/Kll)