Lingkungan

3000 Bibit untuk Desa Pangkalan Baru yang Asri

KAMPAR, RIAULINK.COM - Gerakan menanam pohon menjadi salah satu program pemerintah guna menciptakan lingkungan yang asri sehingga Tim Kukerta Revolusi Mental UNRI 2019 melaksanakan penanaman bibit pohon di Desa Pangkalan Baru.

Gerakan ini dilaksanakan di 4 Dusun Desa Pangkalan Baru. Chenrizal dan H. Sarkani selaku Kepala Dusun 4 memulai penanaman bibit di sekitaran Musollah Nurul Qur’an Desa Pematang Arang. 

Selanjutnya penaman serentak dilakukan dibeberapa titik yaitu SMPN 2 Siak Hulu, Pinggiran Sungai Siak Hulu, Kantor Desa dan Lembaga Adat Melayu Desa Pangkalan Baru. Jenis bibit yang ditananam yaitu petai, sirsak dan pulai yang mana bibit ini di dapatkan dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Lindung Indragiri Rokan.

“Penghijauan ini dilakukan untuk mengurangi polusi udara, lingkungan yang bersih, sehat, indah, dan tentu membuat teduh Desa Pangkalan Baru. Selain itu, Gerakan ini juga mengajarkan kepada siswa/I untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar dan memanfaatkan ruang terbuka sehingga menjadi hijau dan teduh, menjaga kondisi iklim mikro desa sekaligus kedepannya dapat menjadi sumber buah  buahan lokal bagi masyarakat” Ujar Nurmadhona selaku Ketua Pelaksana.


Chenrizal selaku Pj Kepala Desa Pangkalan Baru mengapresiasi kegiatan ini. Ia berujar “Saya berterimakasih terhadap Tim Kukerta Revolusi Mental UNRI yang telah datang dan melakukan penanaman bibit-bibit pohon yang berguna untuk penghijauan desa”

Kepala Dusun 4 H.Sarkani mengatakan Kegiatan sangat baik sekali karena dapat menghidupkan keluarga yang berwawasan lingkungan, serta menggalangkan masyarakat agar peduli terhadap kebersihan lingkungan, dengan harapan kondisi lingkungan, akan menjadi lebih bersih dan warga masyarakat menjadi lebih sehat”