Pendidikan

Mahasiswa UR Berbagi Ilmu dengan Kelompok Tani Desa Pulau Rambai

Mahasiswa Kukerta (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Riau menggelar pembinaan Kelompok Tani Desa Pulau Rambai di Aula Desa pada Senin, 5 Agustus 2019.

Berkaitan dengan tema “Pembinaan Manajemen Organisasi Kelompok Tani menuju Desa Pulau Rambai yang Mandiri”, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pembinaan kepada pengurus maupun anggota kelompok tani yang ada di Desa Pulau Rambai agar meningkatkan tanggungjawab dan kontribusi dalam kelompok.

Terdapat empat kelompok tani yang hadir, diantaranya adalah kelompok tani Rimbo Cambai I, Rimbo Cambai II, Bonca Awang dan Pulau Kampung.

“Kegiatan ini kami inisiasi sebagai bentuk respon atas curahan hati petani Desa Pulau Rambai. Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan jalan keluar bagi petani sehingga nantinya dapat menjadi kelompok tani yang mandiri dan berintegritas” ucap salah satu mahasiswa KKN-RM saat kami temui di lokasi acara.

Acara berlangsung dengan aktif bila dilihat dari antusias beberapa petani yang menyampaikan keluh kesah mereka kepada Ibu Dr. Saberina  Hasibuan, S.Pi, MT selaku narasumber.

“Sistem pertanian kita sulit untuk mencapai P200 sebab air tidak ada untuk disalurkan ke sawah. Yang jadi permasalahan utama kami ialah tidak adanya pasokan irigasi air untuk pertanian” penjelasan Bukhari selaku ketua kelompok tani Pulau Sayak.

Ia juga berharap dengan adanya forum ini mahasiswa KKN dapat membantu mencarikan solusinya melalui kegiatan dosen-dosen pertanian Universitas Riau.(Syafira Khairani)