Ekonomi

Jelang Ramadan, Harga Bawang Putih di Pekanbaru Kian Mahal

RIAULINK.COM, PEKANBARU - Seminggu jelang Ramadan, harga beberapa kebutuhan pokok di Pekanbaru mulai melambung tinggi. Kenaikan yang paling signifikant terjadi pada bawang putih.

Data dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekabaru, harga bawang putih mencapai Rp55.000 Perkilogramnya. Mengalami kenaikan hingga Rp11.000 perkilogram dibandingkan minggu lalu.

"Untuk harga bawang putih memamg mengalami kenaikan. Kenaikan mencapai Rp11.000 perkilogram. Minggu lalu harga bawang putih Rp44.000 perkilogram, hari ini sudah mencapai Rp55.000 Perkilogram," ujar Kepala DPP Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut, Senin (29/4/2019).

Selain bawang putih, harga bawang merah juga mengalami kenaikan, namun kenaikan tidak setinggi bawang putih.

"Bawang merah naik Rp4.600 dari harga minggu lalu Rp31.400 perkilogram kini menjadi Rp36.000 perkilogram," Cakap Ingot.

Uni Irma salah, pedagang di Pasar Cipta Karya Ujung mengatakan bahwa kenaikan harga sejumlah komodi tersebut dipengaruhi tingginya permintaan dan naiknya harga dari distributor.

"Memang kita ambi dari distributor harganya juga sudah mahal. Jadi terpaksa kita naikkan harga jual kepada masyarakat atau konsumen. Memang rata-rata pada ngeluh semua, tapi ya harus gimana lagi," pungkasnya.