Lingkungan

Usai Padamkan Api di Sungai Apit dan Mempura, Hari ini Petugas Lanjutkan Pendinginan Lahan Di Kecamatan Dayun

RIAULINK.COM, SIAK - Maraknya kebakaran lahan di Provinsi Riau ternyata terjadi juga terjadi Di Kabupaten Siak. Terhitung di Februari 2019, terdapat 3 kebakaran lahan yang terjadi di Kabupaten Siak, Riau. 

Kejadian kebakaran lahan tersebut terhitung di bulan Februari ini, yang berada di Kecamatan Sungai Apit, Kecamatan Mempura dan kecamatan Dayun. Hal itu disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Siak Syafrizal kepada Riaulink.com, Kamis (28/2) siang.

"Kebakaran lahan ada 3 titik, dan alhamdulillah semuanya sudah padam, hari ini sedang ada pendinginan sisa lahan yang terbakar di satu titik wilayah Kecamatan Dayun dan kecamatan Mempura," jelasnya.

Dirinya menjelaskan, di wilayah  Kecamatan Sungai apit tercatat kebakaran tersebut berada dilahan perkebunan nenas masyarakat, seluas 15 hektar. Di wilayah Kecamatan Mempura, lokasi kebakaran terdapat di area PT Siak Raya dan Ladang jagung Masyarakat dengan luas keabkaran seperempat hektar. Sementar itu, di wilayah Kecamatan Dayun, lokasi kebakaran lahan berada di areal perbatasan PT DSI dan PT Ekawana.

"Saat ini, asal mula api yang berada di 3 kecamatan tersebut sedang dalam proses penyelidikan," pungkasnya.

BPBD Siak berharap, agar masyarakat tidak membakar lahan dan berhati -hati terhadap pemicu terjadinya kebakaran.

"Kepada tokoh masyarakat dan organisasi masyarakat lainnya, kita harap dapat saling mengingatkan kepada masyatakat sekitar akan bahaya karhutla," Ucapnya.

Ia juga berpesan, apabila masyarakat melihat titik api di lahan ataupun perkebunan, agar segera melaporkan ke BPBD.

"Segera laporkan jika ada indikasi kebakaran. Mari bersama-sama kita wujudkan Kabupaten Siak yang nihil karhutla dengan menjaga alam sekitar, sesuai dengan moto kita Jaga Alam, Alam jaga kita," sebutnya.

Sementara itu, menurut data dan informasi dari BPBD Riau, kebakaran lahan terutama lahan gambut di Riau semakin meluas. 

Hari ini, BMKG mencatat Hotspot di Riau berada di level 70 % atau 6 titik. Keenam titik tersebut  berada di Kota Dumai dengan 5 titik hotspot dan Kabupaten Bengkalis 1 titik hotspot.

Wilayah paling parah terkena dampak kebakaran diprovinsi Riau adalah Kabupaten Bengkalis dan Kota Dumai. Beberapa hari kebelakang ini, Kota Dumai diselimuti asap tebal akibat kebakaran lahan tersebut. (Iqbal)