Politik

Blusukan ke Pasar Duri, Nasir Sapa Pedagang dan Sampaikan Visi Misi Nawaitu

BENGKALIS, RIAULINK.COM - Memaksimalkan masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, Calon Gubernur (Cagub) Riau nomor urut 2, H Muhammad Nasir intens turun ke lapangan menampung aspirasi masyarakat lewat kampanye dialogis yang digelar ke berbagai daerah di Bumi Lancang Kuning. 

Mengawali kampanye di Duri, Kabupaten Bengkalis, Nasir menyempatkan diri blusukan ke Pasar Duri di Jalan Pertanian, Kelurahan Duri Barat, Kecamatan Mandau, Bengkalis, Selasa (8/10/2024). Sesampainya di pasar, suasana masyarakat berubah, kebahagiaan tergambar di semua raut wajah pedagang dan pembeli di pasar  pagi itu.

Datang menggunakan peci hitam dipadukan dengan baju putih dan celana hitam, Nasir tampak akrab menyapa masyarakat dan para pedagang. Dalam kesempatan itu, Nasir memohon doa dan dukungan masyarakat untuk Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Riau nomor urut 2, H Muhammad Nasir - H Muhammad Wardan. 

"Nasir Wardan Riau Bersatu (Nawaitu) siap membenahi permasalahan yang ada di Riau dan mewujudkan Riau Emas. Kami telah memiliki tujuh program Super Prioritas yang siap menjadikan Riau Sejahtera dam Berdaya Saing. Salah satunya penguatan pelaku UMKM dan infrastruktur pasar," ujar Nasir diiringi tepuk hangat masyarakat dan para pedagang yang mendengar visi, misi dan program Nawaitu. 

Nasir menjelaskan, pasar tradisional merupakan salah satu bentuk ekonomi kerakyatan yang memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. Diantaranya, sebagai pusat pengembangan ekonomi rakyat dan sebagai pusat perputaran uang daerah.

"Saya sengaja mengunjungi pasar ini. Ini penting, mengingat peran pasar yang strategis dalam perekonomian lokal. Para pedagang dan petani menggantungkan hidupnya dari pasar ini, menjadikannya sebagai urat nadi perekonomian agraris," ucap Nasir.

Ia menyampaikan giat kunjungan ke pasar ini dilakukan juga untuk mengetahui bagaimana perkembangan daya beli masyarakat sembari bersilaturahmi kepada para pedagang di pasar. Kunjungan ini menjadi bagian dari upaya untuk memperkuat dukungan dari masyarakat pedesaan dan kalangan ekonomi menengah ke bawah, terutama para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). 

"Ke depan pasar harus dibuatin tempat yang nyaman dan aman, pasar yang representatif, termasuk pengamanan dari kebakaran dan sebagainya. Selain itu, tentu harus diperhatikan fasilitasnya, dengan itu akan bersaing dengan pasar modern. Pasar modern harus tetap ada, pasar tradisional juga tetap diperhatikan. Sehingga menjadi satu kekuatan yang saling berdampingan tidak saling mematikan satu sama lainnya," terang Nasir.

Kunjungan ini, lanjut Nasir, menunjukkan komitmen Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Riau nomor urut 2, H Muhammad Nasir - H Muhammad Wardan untuk mendengarkan langsung aspirasi masyarakat dan menjadikan masukan tersebut sebagai dasar untuk perbaikan dan pengembangan program ke depan.

"Jika Nasir dan Wardan diamanahkan menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, kami siap merevitalisasi pasar tradisional sebagai salah satu upaya mendukung perekonomian lokal. Ini termasuk pembangunan fasilitas yang lebih bersih dan modern serta pelatihan bagi pedagang tentang penggunaan teknologi untuk meningkatkan usaha mereka. Dan yang terpenting, Nasir Wardan akan memberikan  akses modal bagi pelaku UMKM tanpa bunga," tegas Nasir.(yan)